Skip to main content

Menjelajahi Eropa Tengah Part I : Budapest

Sebagai penutupan tahun 2012, saya akan membagikan pengalaman travelling saya di Eropa Tengah. Negara pertama yang akan saya bahas adalah Hungaria.
















Negara : Hungaria
Ibukota : Budapest
Bahasa : Hungarian
Mata uang : Forint (HUF)




Saya hanya memiliki waktu satu hari penuh untuk mengunjungi Hungaria. Oleh karena itu, saya hanya  mengunjungi satu kota saja selama saya di sana, yaitu Budapest - yang merupakan kota terbesar sekaligus tempat tujuan wisata utama di Hungaria. Walaupun saya tidak dapat melihat seluruh keindahan kota Budapest, tapi saya dapat merasakan kekentalan budaya Eropa Tengah yang jauh berbeda dengan negara di belahan benua Eropa lainnya.

Banyak tempat menarik yang harus dikunjungi di Budapest, namun mengingat waktu kunjungan saya yang cukup singkat, dengan terpaksa saya harus memilih tempat mana saja yang harus wajib dikunjungi dan juga terletak tidak jauh dari pusat kota. Namun, sebelum memulai petualangan di kota Budapest, ada baiknya kalian mengetahui beberapa informasi penting mengenai kota Budapest.

Transportasi di Budapest

Layaknya kota-kota di negara Eropa lainnya, Budapest memiliki jalur transportasi umum yang baik. Setiap pusat kota dan tujuan wisata menarik telah dihubungkan dengan Metro, Trem dan juga Bis. Hal yang perlu kalian perhatikan sebagai turis adalah membeli tiket yang BENAR sebelum kalian menggunakan transportasi umum tersebut.

Ada berbagai macam tiket yang dijual, yaitu

  • Single ticket (320 HUF) : Tiket yang hanya dapat digunakan untuk 1 kali perjalanan. 
  • 10 Piece Discount book (2800 HUF) : Tiket yang dapat digunakan untuk 10 kali perjalanan
  • Short section metro ticket (260 HUF) : Tiket yang hanya dapat digunakan selama 3 stasiun saja. 
  • Budapest 24-hour travel ticket (1550 HUF) : Tiket yang dapat digunakan di seluruh transport umum di Budapest selama 24 jam. 
  • Budapest 72-hour travel ticket (3850 HUF) : Tiket yang dapat digunakan di seluruh transport umum di Budapest selama 72 jam. 
  • Budapest 7 days ticket (4600 HUF) : Tiket yang dapat digunakan di seluruh transport umum di Budapest selama 7 hari. 

Sebagai turis, ada baiknya kalian membeli tiket sesuai dengan waktu tinggal anda di Budapest. Pada saat saya mengunjungi Budapest, saya membeli 24-hour travel ticket, karena saya hanya memiliki waktu 1 hari berkeliling kota. Apabila kalian hendak tinggal lebih lama, kalian dapat membeli 72 hour atau 7 days ticket.

Untuk informasi tambahan, apabila kalian bepergian dalam grup, kalian dapat membeli Budapest 24-hour travel group ticket seharga 3100 HUF yang dapat digunakan oleh 4 orang.

Sumber : Website Resmi Transportasi di Budapest


Menukar uang di Budapest

Negara Hungaria tidak menggunakan Euro sebagai mata uang resminya. Oleh karena itu, kalian harus menukarkan uang kalian dengan mata uang Hungaria, yaitu Forint (HUF).

HUF - mata uang Hungaria

Cara paling mudah menukarkan uang di Budapest adalah dengan menggunakan ATM. Jadi, kalian hanya perlu memiliki kartu ATM (yang tentu saja ada isi di rekeningnya) yang memiliki logo Maestro, Cirrus atau logo lainnya yang dapat kalian lihat di kartu ATM kalian dan mengambil uang langsung dari ATM di Budapest. Secara otomatis, mesin ATM akan mengkonversi uang di rekening kalian dengan rate HUF pada saat itu ditambah dengan biaya administrasi setiap pengambilan uang. Oleh karena itu, ada baiknya kalian mengambil uang secukupnya dan menghindari pengambilan uang lewat ATM secara berulang-ulang.

Apabila kalian tidak memiliki ATM, tentu saja kalian harus menukar uang di bank atau money changer yang tersebar di pusat kota Budapest.

Untuk mengetahui konversi HUF ke mata uang lain, kalian dapat mengakses website ini : Konversi Mata Uang







Bahasa di Budapest

Negara Eropa Tengah memiliki bahasa unik yang sulit sekali untuk dilafalkan dan juga didengar. Oleh karena itu, kalian perlu berkonsentrasi dan juga sigap ketika berada di dalam metro. Kalian harus mengetahui dengan jelas di stasiun mana kalian akan berhenti dan berapa jumlah stasiun yang akan kalian lewati. Jangan andalkan pendengaran kalian untuk mengetahui kalian sudah sampai di stasiun mana (karena bahasa Hungaria susah didengar!) tapi andalkan mata kalian untuk membaca papan nama stasiun yang selalu terpampang di setiap stasiun.

Bahasa tubuh berperan penting untuk bertahan hidup di Budapest (dan juga di tempat berbahasa aneh lainnya). Di stasiun kereta, jarang sekali petugas di Budapest yang bisa berbahasa Inggris, oleh karena itu kalian harus menunjuk dengan jelas tiket apa yang ingin kalian beli. Lain hal dengan tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh turis, kebanyakan penjual souvenir dapat berbahasa Inggris.


Keamanan di Budapest 

Sebagai ibukota dan juga tempat tujuan wisata, kota Budapest merupakan kota dengan keamanan yang cukup baik. Di setiap stasiun Metro, kalian dapat menemukan banyak polisi yang bertugas untuk mengecek tiket dan juga menjaga keamanan. Namun, sebagai turis di sebuah negara asing, ada baiknya kalian tetap waspada dan menjaga barang-barang berharga kalian serta tidak melakukan hal-hal yang menarik perhatian banyak orang. Ada baiknya untuk bepergian secara berkelompok dibandingkan sendiri dan menghindari tempat-tempat sepi yang jarang dikunjungi oleh turis.


Okay, saya rasa persiapan kalian sudah cukup untuk memulai perjalanan di Budapest. Kalian sudah memiliki tiket transport, uang yang cukup dan pengetahuan akan bahasa dan kondisi kota Budapest. So, mari kita mulai perjalanan kita - Let's go!

. Makan siang ala Hungaria

Hal pertama yang saya lakukan di Budapest adalah mencoba GOULASH - yang merupakan makanan khas Hungaria.

Goulash merupakan sup daging yang diracik dengan bumbu paprika dan rempah-rempah lain ala Hungaria yang kemudian disajikan dengan potongan roti.


Rasa supnya gurih dan segar - benar-benar mengundang selera. Benar-benar makanan yang WAJIB dicoba selama kalian berada di Hungaria.

. . Menyusuri Sungai Donau yang membelah kota Budapest

Ada fakta menarik yang saya temukan saat mencari informasi mengenai Budapest. Nama Budapest ternyata berasal dari kata Buda dan Pest - yang mewakili kota bagian sebelah barat dan timur. Pembagian kota Budapest ini dikarenakan oleh keberadaan sungai Donau yang mengalir di sepanjang kota - seakan hendak membelah kota ini menjadi dua.

Kedua belahan kota ini menyimpan keunikannya masing-masing. Di bagian Buda, terdapat Buda Castle yang megah sedangkan di bagian Pest, kalian dapat melihat gedung Parlemen yang dibangun di pinggiran sungai Donau.

Mengingat waktu kunjungan saya yang singkat, saya memutuskan untuk menyusuri sungai Donau di belahan kota Buda. Saya berjalan santai di sepanjang sungai sambil mengabadikan pemandangan kota Pest yang terlihat di seberang sungai sana. It was great! 


Pintu masuk Kastil Buda
Tempat pertama yang saya capai adalah Kastil Buda. Kastil ini terletak di puncak kota, sehingga kalian harus menaiki kereta untuk mencapai pintu masuk Kastil Buda. Sebagai tujuan utama wisata, tidak aneh kalau banyak turis yang sudah sibuk mengantri di loket penjual tiket.

Jembatan rantai Szechenyi

Tidak jauh dari Kastil Buda, saya berhenti di spot utama lainnya yaitu jembatan rantai Szechenyi. Jembatan ini merupakan jembatan pertama yang dibangun untuk menyambungkan Buda dan Pest. Ciri khas dari jembatan ini adalah patung singa yang dibangun di sisi kiri dan kanan jembatan rantai ini.

Patung singa penjaga jembatan rantai Szechenyi

Perjalanan terus berlanjut sampai saya dapat melihat gedung Parlemen kota Budapest yang terletak tepat di seberang sungai. Kalian dapat melihat kemegahan gedung Parlemen yang berwarna putih, dengan atap merah dan ukiran-ukiran detail di seluruh bangunannya. Melihat gedung Parlemen dari Buda tentu saja menjadi pemandangan yang tidak boleh kalian lewatkan.

Gedung Parlemen dari kota Buda

. . . Berbelanja oleh-oleh khas Eropa Tengah

Seusai menikmati pemandangan dari belahan Buda, saatnya berpindah ke bagian Pest dengan menggunakan Metro yang terletak tidak jauh dari tempat saya melihat gedung Parlemen.

Secret box
Kalian pasti akan bertanya : Bagaimana cara membuka kotak ini?

Jalan Arany Janos merupakan tempat perbelanjaan utama di kota Pest. (Metro : M3 - Arany Janos Utca) Di sepanjang jalan ini, kalian dapat membeli beragam souvenir khas Hungaria dan Eropa Tengah dengan harga yang cukup bersahabat.

. . . . Mengunjungi Heroes Square

Tempat terakhir yang saya kunjungi di Budapest yaitu Heroes square. (Metro : M1 - Hosok Tere)

Heroes Square
Heroes square merupakan monumen memorial untuk tokoh-tokoh politik yang berperan penting dalam pembentukan negara Hungaria.

Kalian juga dapat menemukan Museum of Fine Arts dan Palace of Art yang terletak di sebelah kiri dan kanan dari Heroes square dan jam pasir terbesar di dunia di taman kota tidak jauh dari Heroes square.

Jam pasir terbesar di dunia

Berakhirlah sudah perjalanan singkat saya di kota Budapest. Kota yang menarik dengan kultur Eropa Tengah yang unik dan jauh berbeda dengan negara-negara Eropa Barat yang saya kunjungi sebelumnya. Sampai jumpa di negara Eropa Tengah selanjutnya!

Menjelajahi Eropa Tengah Part II-A : Museum Auschwitz 

***

Informasi selengkapnya tentang travelling di Budapest : Website Resmi Travel & Tourism Budapest 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Menjelajahi Eropa Tengah Part III : 5 Jam di Kota Praha

Hola travelers ! Kembali lagi di Travel Series : Menjelajahi Eropa Tengah! Untuk kalian yang ketinggalan, kalian dapat membaca cerita kunjungan saya di Polandia dan Budapest . Post kali ini saya akan membahas mengenai kota Praha di negara Ceko. Negara : Ceko Ibukota : Praha Bahasa : Ceko Mata uang : Koruna (CZK) Kota Praha - atau sering disebut sebagai kota seribu menara merupakan salah satu tujuan utama di Eropa Tengah. Sebagai kota seribu menara, kalian dapat menemukan banyak sekali menara-menara yang menjulang tinggi memenuhi kota Praha ini. Jadi, tidak diragukan lagi kalau ini merupakan kota yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Eropa. Sayangnya, saya tidak dapat melihat semua keindahan kota ini dikarenakan waktu kunjungan saya yang hanya setengah hari saja. Namun, selama kalian mempunyai jadwal dan tujuan yang jelas, waktu yang singkat tidak mengurangi keindahan kota Praha. Oleh karena itu, di post ini saya akan membagikan cerita bagaimana menikmati

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k