Skip to main content

3 Langkah Hemat Jalan-Jalan di Stockholm


Ini dia, kota TERBAIK dan juga TERMAHAL yang pernah saya kunjungi di Eropa.

Stockholm - ibukota dari Swedia dan juga sering disebut sebagai ibukota dari negara Scandinavia. Negara Scandinavia merupakan gabungan dari 4 negara yang terletak di Eropa bagian utara, yaitu Denmark, Finlandia, Norwegia dan Swedia. Ke-empat negara Scandinavia ini merupakan negara yang kaya raya dan juga memiliki biaya hidup yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Hal inilah yang membuat sebagian orang enggan untuk mengunjungi negara ini - kebanyakan mereka berpikir kalau berlibur di negara Scandinavia akan menghabiskan tabungan mereka dalam sekejap.

Berangkat dari fakta ini, saya ingin membagikan pengalaman saya berlibur ke Stockholm dengan dana super tipis tapi membuahkan pengalaman travelling yang amat mengesankan.


Berikut 3 langkah hemat untuk jalan-jalan di ibukota Scandinavia - yang terkenal mahal - ini.

1. Menginap di HOSTEL yang dekat dengan pusat kota 

Sebagai turis backpacker, tentu saja hostel merupakan pilihan nomor 1 untuk tempat menginap dan hal ini juga tidak berubah apabila kalian hendak berlibur di Stockholm. Tapi, satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih hostel, yaitu lokasi dari hostel itu sendiri. Jangan terkecoh dengan penawaran hostel yang murah, tapi terletak jauh sekali dari pusat kota - sehingga kalian harus naik turun transportasi umum untuk dapat sampai di pusat kota. Hal inilah yang perlu kalian hindari. Mengapa? Karena ongkos transportasi di Stockholm itu mahalnya LUARRR BIASA. Jadi, pertimbangkan baik-baik apakah harga sewa kamar di hostel ditambah dengan biaya transport dari hostel menuju pusat kota.

Salah satu hostel yang saya rekomendasikan untuk tempat kalian menginap adalah City Backpackers.

Pintu masuk City Backpackers, Stockholm
Website Resmi City Backpackers, Stockholm. 

Walaupun dinamakan hostel, tapi pelayanan, kebersihan dan semua-semuanya hampir sama dengan hotel. Hostel ini juga merupakan hostel terbaik di Stockholm dan memiliki ranking yang memuaskan di berbagai situs booking hotel online seperti Hostelworld.com, Booking.com, dll.

Memang, apabila dibandingkan dengan hostel-hostel di negara lain, harga sewa kamar di City Backpackers ini jauh di atas mereka, tapi ingatlah, kalian berada di Stockholm, dan tempat ini menawarkan harga sewa kamar yang paling worth it - mengingat lokasinya yang hanya berjarak 10 - 15 menit ke pusat kota dengan berjalan kaki.

2. Melakukan kegiatan GRATIS yang dapat dilakukan di Stockholm

Jurus jitu untuk menekan pengeluaran selama di Stockholm - mencari hal-hal gratis. Tanpa disangka, banyak hal gratis yang dapat kalian coba selama berada di Stockholm.


  • TUR GRATIS
Merupakan salah satu hal terbaik yang bisa saya temukan di kota serba mahal. Tur ini biasanya berlangsung selama 1.5 jam dan merupakan tur resmi yang diadakan oleh pemerintahan Swedia yang akan mengajak para turis untuk berkeliling dan melihat peninggalan-peninggalan sejarah di kota Stockholm. Tur ini benar-benar GRATIS - tapi kita biasanya diharapkan untuk dapat memberikan tips kepada tour guide yang sudah mengantar kita berkeliling kota Stockholm.

Untuk mengikuti tur ini, kalian harus menunggu di tangga besar Sergels Torg - dekat dengan T-centralen pada waktu yang telah disebutkan di website resmi Free Walking Tour Stockholm. Pada waktu yang telah ditentukan, kalian dapat melihat seseorang yang membawa kertas dengan tulisan seperti ini


apabila kalian telah melihatnya, segeralah mendekat karena dia-lah tour guide yang akan membawa kalian berkeliling kota Stockholm.

Untuk info lebih lanjut mengenai Free Walking Tour Stockholm, termasuk hari dan waktu tur akan diadakan, kalian dapat mengakses website di bawah ini.

Jalan paling sempit yang ada di Stockholm

Kota Tua di Stockholm
  • Menonton upacara pergantian pengawal istana Stockholm. 
Sebagai sebuah negara kerajaan, upacara pergantian pengawal ini merupakan sebuah upacara yang megah - diiringi dengan marching band dan juga dikawal oleh banyak sekali  pasukan militer Swedia. So, ini merupakan hal yang tidak boleh kalian lewatkan selama di Swedia !



Berikut jadwal pergantian pengawal yang pernah saya temukan di website. 

Bulan Mei - Agustus : 
Pergantian pengawal setiap harinya pada jam 12.15 
Untuk hari Minggu dan hari libur pada jam 13.15. 

Bulan April, September, Oktober : 
Pergantian pengawal setiap hari Rabu dan Sabtu pada jam 12.15
Untuk hari Minggu pada jam 13.15

Bulan November - Maret: 
Pergantian pengawal setiap hari Rabu dan Sabtu pada jam 12.00
Untuk hari Minggu pada jam 13.00


Upacara pergantian pengawal di musim dingin tidak akan semeriah bulan-bulan sebelumnya, tapi masih tetap menjadi suatu tontonan yang menarik. 

  • Mengunjungi halaman belakang City Hall. 

Merupakan satu kegiatan yang hampir saya lewatkan selama saya berada di Stockholm. City Hall merupakan tempat dimana setiap pemenang Nobel mengadakan gala dinner setelah penyerahan penghargaan Nobel di Museum Nobel yang terletak di kota tua, Stockholm. Akan tetapi, saya tidak akan membahas panjang tentang City Hall nya - karena pada hari saya kesana, City Hallnya sedang ditutup T.T 
Namun, jangan berkecil hati, karena dibalik bangunan City Hall kalian dapat melihat pemandangan kota Stockholm yang menakjubkan! 

  • Berkeliling stasiun T-Centralen di kota Stockholm
Well, untuk kegiatan yang satu ini tidak benar-benar gratis - karena kalian harus membeli tiket kereta harian di Stockholm, yang tentu harganya cukup mahal. Tapi, kalau kalian memang berniat untuk membeli tiket kereta di Stockholm, kalian harus melakukan hal ini! 


Saya mendapatkan info ini langsung dari tour guide saya selama mengikuti Free Tour Stockholm. Di akhir tur, dia menyarankan untuk mengunjungi stasiun T-Centralen - karena setiap stasiun memiliki tema yang berbeda-beda dan tentu saja memiliki nilai artistik yang tinggi. Oh iya, sebagai pengingat, Stockholm memiliki museum karya seni gratis di setiap stasiun keretanya. So, tidak ada salahnya untuk berkeliling turun-naik kereta di setiap stasiun T-Centralen! :) 

Itu beberapa hal gratis yang dapat kalian temukan di Stockholm, untuk list kegiatan gratis lainnya kalian dapat langsung mengunjungi website di bawah ini. 

3. Hidup JALAN KAKI !

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ongkos transportasi umum di Stockholm itu mahalnya LUAR BIASA. Oleh karena itu, siapkan kaki kalian untuk berjalan menelusuri kota Stockholm !

Ferry Hop-On-Hop-Off
Tapi, untuk menambah kesan berkeliling kota Stockholm, saya sih menyarankan kalian untuk mengeluarkan uang ekstra sebesar 10 Euro (100 SEK) untuk membeli tiket Ferry Hop-on-hop-off. Mengapa? Karena :

  1. Stockholm merupakan kota kepulauan dan tempat tujuan wisata di Stockholm tersebar di beberapa pulau kecil di sekitar pusat kota. Oleh karena itu, cara paling asik berkeliling kota Stockholm - yaitu melalui air!
  2. Tiket ini berlaku selama 24 jam - jadi kalian bebas naik turun ferry sesuka hati kalian. Sayangnya, ferry ini hanya beroperasi dari pukul 10.00 - 16.00 setiap harinya. 
  3. Ferry ini memiliki rute ke semua tempat wisata menarik yang berada di Stockholm, yaitu Museum Vasa, Museum terbuka terbesar di dunia - Skansen, Viking Line - tempat "parkir" kapal pesiar menuju Finlandia, Kota Tua Stockholm dan Istana Kerajaan Swedia.
  4. Ferry hop-on-hop-off ini JARANG sekali ditemukan di negara-negara Eropa lainnya. Oleh karena itu, mumpung kalian di Stockholm, apa salahnya mencoba ferry hop-on-hop-off ini. 
O iya, kalian dapat membeli tiket ini langsung di tempat pemberhentian ferry atau kalian dapat membelinya di kantor informasi turis. 

Informasi lebih lengkap mengenai Ferry Hop-on-hop-off ini dapat langsung kalian lihat di website di bawah ini: 


Royal Palace, Stockholm
Nordiska Museum
Pemandangan kota Stockholm dari atas ferry


Okay, itulah 3 langkah hemat berjalan-jalan di Stockholm. Semoga tips ini bermanfaat, terutama bagi kalian yang ingin mengunjungi Stockholm!

Sebagai penutup saya ingin mengatakan ini dari HATI yang paling dalam,

" Stockholm is a really really really WONDERFUL - AMAAAZINGGG city 
- even more than Paris, Rome, Venice, Vienna, and all those so-called beautiful city in Europe."




Comments

  1. salah satu cara hemat liburan ke swiss, urusan internet rental wifi luar negeri +connect aja kaa bisa booking di website rental travel wifi luar negeri

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

7 Makanan yang Wajib Dicoba di Yunani

Mencoba makanan khas di setiap negara yang saya kunjungi merupakan kegiatan yang WAJIB dilakukan ketika saya ber-travelling. Wisata kuliner di Yunani merupakan salah satu wisata kuliner yang paling berkesan selama saya ber-travelling di Eropa.

Ragam makanan yang memiliki bentuk dan nama yang unik disertai rasa eksotis dan di luar bayangan. Yeaph, jangan sampai kalian melewatkan 7 makanan di bawah ini dikala kalian mengunjungi Yunani!

P.S :
Perlu kalian ketahui kalau jam makan siang di Yunani adalah di atas jam 2 siang! Sedangkan jam makan malam di atas jam 9 malam!

1. Souvlaki 


Souvlaki, makanan khas Yunani yang dapat ditemukan hampir di seluruh jalanan Yunani. Sovlaki ini kalo di Indonesia memiliki bentuk seperti sate dan biasanya terbuat dari daging ayam, kambing, sapi, atau bahkan udang, cumi, jamur dan keju. Ada beberapa macam souvlaki, seperti souvlaki sandwich. Souvlaki sandwich memiliki bentuk hampir sama dengan gyros, yang membedakan hanya isiannya. Apabila gyros berisi daging y…

5 Makanan yang Tidak Boleh Terlewatkan di Vienna

Halo travelers!

Setelah puas berwisata kuliner di Yunani dan Salzburg,  sekarang mari kita bergeser sedikit ke kota lain yang juga berada di Austria.

Kota ini merupakan ibukota dari Austria dan juga sering disebut sebagai pusat musik klasik di dunia. Seperti Salzburg, kalian dapat melihat kalau kota ini sarat akan karya seni - kalian dapat melihat orang-orang berkostum Mozart menjual tiket konser musik klasik di jalanan - alunan musik klasik di setiap toko souvenir - dan disini pula lah tempat salah satu Hall musik terbaik di dunia - Musikverein. Di kota "klasik" inilah, tempat wisata kuliner kita selanjutnya - VIENNA!

Prepare your stomach, travelers !
1. Sacher Torte


Sacher Torte - jawaban pertama yang akan muncul di google ketika kalian mencari mengenai kuliner di Vienna.


Sacher Torter merupakan kue coklat khas Vienna yang merupakan kue hasil karya Franz Sacher di tahun 1832. Dari tahun 1832, popularitas Sacher Torte terus bertambah dan menjadi kue yang paling terkenal di Vi…

Menjelajahi Eropa Tengah Part IV-A : Tur Kota Vienna

Grüße aus Wien, travelers!

Sampai juga kita di Austria, yang merupakan negara terakhir yang akan saya bahas di Travel Series Menjelajahi Eropa Tengah. Untuk kalian yang ketinggalan, di post sebelumnya saya sudah membahas tentang kunjungan saya di Budapest, Polandia, dan Prague.

Berhubung banyak sekali bangunan menarik dan bersejarah yang saya kunjungi selama di Vienna, maka pos ini akan saya bagi menjadi 3 bagian. So, mari kita mulai Tur Kota Vienna bagian pertama!



Negara : Austria
Ibukota : Vienna
Bahasa : Jerman (Deutsch)
Mata uang : Euro (EUR)



Sesuai tradisi di post-post sebelumnya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengenal kota tujuan kita. So, mari kita mengenal kota Vienna sebelum memulai perjalanan!

Transportasi di Vienna
Untuk urusan transportasi, kota Vienna memiliki transportasi yang sudah teratur dengan baik dan juga menghubungkan setiap tempat-tempat menarik yang berada di dalam maupun luar kota Vienna.

Seperti di negara-negara lain, ada beberapa macam tiket yang …