Skip to main content

Keukenhof, Taman Bunga Terbesar di Dunia

Selamat datang di Taman Bunga Terbesar di Dunia, Keukenhof!

Pintu masuk Keukenhof
Di post kali ini, saya ingin membagikan informasi dan pengalaman saya saat mengunjungi Keukenhof di bulan April 2012 yang lalu.

Enjoy, travelers! 

***

Pertanyaan pertama, apa itu Keukenhof?


Seperti yang dituliskan di judul post ini, Keukenhof merupakan taman bunga terbesar di dunia. Selayaknya taman bunga, tentu saja berbagai macam jenis tanaman dan bunga dapat kalian temukan di sini. Akan tetapi, bunga tulip - yang juga merupakan lambang dari negara Belanda merupakan penghuni mayoritas yang mendiami taman bunga Keukenhof ini. Kalian dapat menemukan berbagai jenis bunga tulip dengan beragam warna yang cerah dan menarik.



Pertanyaan kedua, Keukenhof itu dimana yah?



Keukenhof terletak di kota Lisse, Belanda.

Alamat lengkapnya, yaitu :
Stationsweg 166a
2161 am Lisse
Belanda










Pertanyaan ketiga, bagaimana cara saya ke Keukenhof?

Sebagai turis, cara termudah untuk mencapai Keukenhof adalah dengan menggunakan bis khusus yang dinamakan Connexxion. Kalian bisa membeli Combi-Ticket, yaitu tiket yang sudah termasuk dengan tiket bis (pp) dan tiket masuk ke Keukenhof. Jadi, kalian tidak perlu pusing lagi untuk mencari tiket bis untuk pulang atau mengantri membeli tiket masuk di Keukenhof.

Harga combi-tiket bis Connexxion sbb (2012):

Dewasa : 21 Euro
Lansia (65+) : 18 Euro
Anak-anak (4-11y) : 11

Kalian dapat membeli combi-ticket ini di toko buku yang biasanya terletak di dalam stasiun kereta. Waktu kemarin ini, saya membeli combi-ticket ini di sebuah toko buku di Leiden Centraal.

Bis ini dapat kalian temukan di terminal bis bandar udara Belanda dan juga stasiun kereta, seperti di Amsterdam Centraal, Den Haag Centraal, atau Leiden Centraal.

Amsterdam Centraal
Apabila kalian naik bis dari Amsterdam Centraal, kalian harus menggunakan bis nomor 197 ke arah Schiphool (bandar udara) setelah itu pindah ke bis nomor 58 arah Keukenhof di bandara. Perjalanan dari bandara ke Keukenhof akan memakan waktu sekitar 35 menit.

Den Haag Centraal

Apabila kalian naik bis dari Den Haag Centraal, kalian harus menggunakan bis nomor 89 dengan waktu perjalanan selama 50 menit. Namun, perlu diingat kalau bis ini hanya beroperasi setiap hari Senin sampai Jumat.

Leiden Centraal
Apabila kalian naik bis dari Leiden Centraal, kalian harus menggunakan bis nomor 54 dengan waktu tempuh selama 25 menit.

Setiap bis memiliki jadwalnya masing-masing yang dapat kalian lihat langsung di stasiun bis atau di brosur-brosur yang dapat kalian temukan di toko-toko penjual combi-ticket Keukenhof.

Pertanyaan keempat, kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Keukenhof? 

Bunga tulip tidak dapat hidup sepanjang tahun, oleh karena itu Keukenhof juga tidak dibuka sepanjang tahun, melainkan buka hanya pada waktu tertentu saja. Dari informasi yang saya dapatkan di website resminya, Keukenhof akan buka dari tanggal 21 Maret sampai  20 Mei 2013. Jadi, kalian harus memastikan kalau waktu kunjungan kalian ke Belanda apabila kalian ingin mengunjungi Keukenhof.



Dari rentang waktu itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Keukenhof dimulai dari akhir April - Mei. Mengapa? Karena pada waktu itu, semua bunga sudah bermekaran dan cuaca di Belanda pun sudah lebih hangat dibandingkan pada bulan Maret dan awal April.

Sebagai informasi tambahan, ada baiknya kalian mengunjungi Keukenhof dikala mereka mengadakan festival bunga. Jadwal festival bunga ini berbeda-beda setiap tahunnya dan dapat langsung dicek di website resmi Keukenhof.


So, are you ready to see these beautiful flowers? 

MOST favorite flowers

Windmill - kincir angin di tengah-tengah taman

Pengrajin sepatu kayu khas Belanda

Comments

  1. salam kenal, saya lisa di jerman
    boleh bagi email dan facebook nya?
    oya mbak rheina saya mau tanya klo dari munchen katanya boleh ke salzburg dgn tiket bavarian, apa dgn tiket wochenende ticket juga bisa kesana
    ini email saya : icha_harum@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. salam kenal mba lisa :)

    email saya ribka_julia@yahoo.com, facebook jg pake email itu + namanya Ribka Julia :D

    soal tiket ke salzburg, yg saya tau hanya bs pakai bavarian ticket saja, kalo yg wochenende itu khusus di jerman aja. Tapi saya jg ga yakin 100% sih, yg saya ingat tiket bavarian itu lebih mrah dr wochende. Mgkn itu jg salah satu alasan kenapa teman saya merecommend untuk membeli tiket bavarian :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Menjelajahi Eropa Tengah Part III : 5 Jam di Kota Praha

Hola travelers ! Kembali lagi di Travel Series : Menjelajahi Eropa Tengah! Untuk kalian yang ketinggalan, kalian dapat membaca cerita kunjungan saya di Polandia dan Budapest . Post kali ini saya akan membahas mengenai kota Praha di negara Ceko. Negara : Ceko Ibukota : Praha Bahasa : Ceko Mata uang : Koruna (CZK) Kota Praha - atau sering disebut sebagai kota seribu menara merupakan salah satu tujuan utama di Eropa Tengah. Sebagai kota seribu menara, kalian dapat menemukan banyak sekali menara-menara yang menjulang tinggi memenuhi kota Praha ini. Jadi, tidak diragukan lagi kalau ini merupakan kota yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Eropa. Sayangnya, saya tidak dapat melihat semua keindahan kota ini dikarenakan waktu kunjungan saya yang hanya setengah hari saja. Namun, selama kalian mempunyai jadwal dan tujuan yang jelas, waktu yang singkat tidak mengurangi keindahan kota Praha. Oleh karena itu, di post ini saya akan membagikan cerita bagaimana menikmati

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k