Skip to main content

Gaudi's Artworks, Barcelona


Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya.

Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol.
Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell.

Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona.

Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya.

Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona.

Parc Guell

Sejarah singkat

Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik.

Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk taman. Sedangkan Guell diambil dari nama Eusebi Guell, pencetus ide pembuatan taman ini.

Pintu masuk Parc Guell
Di dalam Parc Guell, kalian dapat menemukan banyak sekali karya mosaic - khas Antonius Gaudi yang tersebar di hampir seluruh taman.

The ginger-bread's house !

How to get there?

Walaupun letaknya di atas kota, namun Parc Guell tidak dapat langsung dilihat dari kejauhan. Untuk mencapai Parc Guell, kalian dapat menggunakan Metro line 3 dan turun di stasiun Lesseps.

Dari stasiun Lesseps, kalian dapat berjalan sekitar 10 - 15 menit dengan mengikuti petunjuk arah ke Parc Guell. Perjalanan dari stasiun ke Parc Guell akan cukup melelahkan karena kalian harus melewati jalan menanjak.

Jalur perjalanan dari Metro Lesseps ke Parc Guell

Namun, kalian dapat menggunakan bis nomor 24 - 31 - 32 - H6 - 92 - Bus del barri 112 atau bis turis - yang dapat membawa kalian lebih dekat ke Parc Guell.

Pintu masuk Parc Guell

Jam buka dan tiket masuk

Jam buka Parc Guell terbagi berdasarkan waktu kalian mengunjunginya.
Bulan November sampai Februari : Pkl 10.00 - 18.00
Bulan Oktober : Pkl 10.00 - 19.00
Bulan April sampai September : Pkl 10.00 - 20.00
Bulan Mei sampai Agustus : Pkl 10.00 - 21.00

Tiket masuk Parc Guell = Gratis! 

Jadi, jangan sampai kalian tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi Parc Guell dikala kalian berada di Barcelona. :p



Air mancur berbentuk kadal - atau sering dikira naga - yang terbuat dari mosaik warna warni dan merupakan salah satu simbol utama dari Parc Guell. Kalian dapat menemukannya di tangga pintu masuk Parc Guell. 

Salah satu tempat shooting Meteor Garden 2 :p 
Tao Ming Se di Parc Guell 

Tempat menarik lainnya yang terkenal lewat film Meteor Garden 2. Disini merupakan tempat dimana Tao Ming Se mencari San Chai yang hilang di taman. :D

Pemandangan kota Barcelona dari atas Parc Guell


Sagrada Familia

Tampak belakang Sagrada Familia
Sejarah singkat

Sebuah gereja katolik yang terletak di tengah-tengah kota Barcelona. Gereja ini mulai dibangun dari tahun 1882 dan dikarenakan detail bangunan yang terlalu rumit, gereja ini masih dalam tahap pembangunan - hingga saat ini. Namun, belakangan pembangunan Sagrada Familia sudah ditargetkan untuk dapat selesai pada tahun 2026 - yaitu pada saat 100 tahun peringatan kematian Gaudi.


Pintu masuk utama Sagrada Familia

How to get there?

Sangatlah mudah untuk menemukan Sagrada Familia di kota Barcelona - dikarenakan bangunannya yang unik dan sangat besar, kalian dapat langsung melihat gereja ini sesaat kalian memasuki kota Barcelona. Oleh karena itu, Sagrada familia seringkali menjadi simbol kota Barcelona.

Untuk mencapai Sagrada Familia, kalian dapat menggunakan Metro line 2 dan 5 - berhenti di stasiun Sagrada. Dari stasiun, kalian langsung dapat melihat megahnya Sagrada Familia di depan mata kalian.


Tampak depan Sagrada Familia
Pembelian tiket masuk

Sangat dianjurkan untuk membeli tiket secara online apabila kalian mau masuk ke dalam Sagrada Familia.
Dengan tiket online, kalian dapat memotong antrian sehingga tidak perlu mengantri panjang untuk dapat masuk ke dalam gereja.

Tiket online dapat dibeli melalui : Pembelian tiket online Sagrada Familia

Harga tiket masuk sbb:

Tiket masuk (tanpa tour guide) : 14.30 Euro
Tiket masuk gereja dengan audio tour : 18.30 Euro
Tiket masuk gereja dengan tour guide : 18.30 Euro
Tiket masuk gereja dan menara : 17.30 Euro
Tiket masuk gereja dan menara dengan tour guide : 21.30 Euro


Casa Mila

Sejarah singkat

Casa Mila, atau lebih dikenal dengan nama La Pedrera. Bangunan ini dibangun dari tahun 1905 - 1910 dan juga merupakan karya lain Gaudi yang termasuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Pada awalnya, bangunan ini dibuat sebagai apartemen dan tempat perkantoran. Namun, dikarenakan bentuknya yang tidak beraturan membuatnya sulit untuk direnovasi. Akhirnya, Casa Mila dijadikan sebagai museum hingga sekarang.


How to get there?

Untuk menuju Casa Mila, kalian dapat menggunakan Metro Line 3 dan 5 di stasiun Diagonal atau Passeig de Gracia.

Alamat lengkap dari Casa Mila
Passeig de Gracia, 92
08008 Barcelona

Front view of Casa Milla

Jam buka dan tiket masuk 

Casa Mila terbuka untuk umum setiap harinya pada jam sebagai berikut:
Pada bulan November - Februari : Pkl 09.00 - 18.30 
Pada bulan Maret - Oktober : Pkl. 09.00 - 20.00

Harga tiket masuk ke Casa Mila : 16.50 Euro


Casa Batllo
Casa Battlo di antara bangunan unik lainnya di Passeig de Gracia
Sejarah singkat

Terletak tidak jauh dari Casa Mila, Casa Batllo merupakan bangunan unik lainnya hasil karya Antonius Gaudi yang dibangun dari tahun 1904 -1906. Tidak seperti Casa Mila, Casa Batllo dibangun dengan konsep yang lebih "colourful", disertai dengan rangkaian mosaik dari keramik dan kaca.

Casa Batllo sendiri berarti "Rumah Batllo", yaitu rumah keluarga Batllo - sang pemilik dari Casa Battlo ini.

How to get there?

Casa Batllo dapat dicapai dengan Metro line 3 di stasiun Passeig de Gracia. 

Jam buka dan pembelian tiket

Casa Batllo dibuka 365 hari setiap tahunnya dari pukul 09.00 - 21.00.

Harga tiket masuk : 20.35 Euro

Bagi pelajar dan pendatang grup di atas 20 orang, kalian akan mendapatkan diskon untuk HTM.

Harga tiket masuk pelajar : 16.30 Euro
Harga tiket masuk grup (20 orang +) : 17.30 Euro





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k

Menjelajahi Eropa Tengah Part I : Budapest

Sebagai penutupan tahun 2012, saya akan membagikan pengalaman travelling saya di Eropa Tengah. Negara pertama yang akan saya bahas adalah Hungaria . Negara : Hungaria Ibukota : Budapest Bahasa : Hungarian Mata uang : Forint (HUF) Saya hanya memiliki waktu satu hari penuh untuk mengunjungi Hungaria. Oleh karena itu, saya hanya  mengunjungi satu kota saja selama saya di sana, yaitu Budapest - yang merupakan kota terbesar sekaligus tempat tujuan wisata utama di Hungaria. Walaupun saya tidak dapat melihat seluruh keindahan kota Budapest, tapi saya dapat merasakan kekentalan budaya Eropa Tengah yang jauh berbeda dengan negara di belahan benua Eropa lainnya. Banyak tempat menarik yang harus dikunjungi di Budapest, namun mengingat waktu kunjungan saya yang cukup singkat, dengan terpaksa saya harus memilih tempat mana saja yang harus wajib dikunjungi dan juga terletak tidak jauh dari pusat kota. Namun, sebelum memulai petualangan di kota Budapest, ada baiknya ka