Skip to main content

Menjelajahi Eropa Tengah Part III : 5 Jam di Kota Praha

Hola travelers!

Kembali lagi di Travel Series : Menjelajahi Eropa Tengah! Untuk kalian yang ketinggalan, kalian dapat membaca cerita kunjungan saya di Polandia dan Budapest.

Post kali ini saya akan membahas mengenai kota Praha di negara Ceko.











Negara : Ceko
Ibukota : Praha
Bahasa : Ceko
Mata uang : Koruna (CZK)




Kota Praha - atau sering disebut sebagai kota seribu menara merupakan salah satu tujuan utama di Eropa Tengah. Sebagai kota seribu menara, kalian dapat menemukan banyak sekali menara-menara yang menjulang tinggi memenuhi kota Praha ini. Jadi, tidak diragukan lagi kalau ini merupakan kota yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Eropa. Sayangnya, saya tidak dapat melihat semua keindahan kota ini dikarenakan waktu kunjungan saya yang hanya setengah hari saja. Namun, selama kalian mempunyai jadwal dan tujuan yang jelas, waktu yang singkat tidak mengurangi keindahan kota Praha. Oleh karena itu, di post ini saya akan membagikan cerita bagaimana menikmati kota Praha secara maksimal selama 5 jam.

But, seperti biasa - sebelum saya memulai perjalanan di kota Praha  saya akan mengajak kalian untuk mengenal kota Praha lebih dekat.

Transportasi di Praha


Stasiun metro di kota Praha


Layaknya kota-kota di Eropa lainnya, Praha memiliki jalur transportasi yang cukup baik. Setiap tempat-tempat tujuan wisata telah dihubungkan oleh transportasi umum, mulai dari metro, bis dan juga tram. Jadi, kalian tidak perlu khawatir untuk berkeliling di kota Praha - selama kalian memiliki tiket yang valid.

Berikut bermacam-macam jenis tiket transportasi umum yang dapat kalian beli dengan menyesuaikan waktu kunjungan kalian di Praha.

Tiket untuk satu kali perjalanan (Single trip ticket)
- 30 menit tiket
Dewasa : 24 CZK
Anak-anak (6 - 15 tahun) : 12 CZK
Dibawah 6 tahun : gratis

- 90 menit tiket *
Dewasa : 32 CZK
Anak-anak (6 - 15 tahun) : 16 CZK
Dibawah 6 tahun : gratis

Tiket ini dapat kalian beli di mesin penjual tiket dan kemudian harus divalidasi sebelum kalian menaiki transportasi umum.

* Khusus untuk 90 menit tiket, kalian juga dapat membelinya secara langsung di bis dengan harga 40 CZK.

Tiket harian (daily passes)
24 jam - tiket : 110 CZK
3 hari - tiket : 310 CZK

Untuk tiket harian ini, kalian dapat membelinya di kantor penjualan tiket atau di beberapa tempat informasi turis.

Menukar uang di Praha
Seperti negara Eropa Tengah lainnya, negara Ceko tidak menggunakan Euro tetapi menggunakan Koruna sebagai mata uangnya. Oleh karena itu, kalian perlu menukar uang apabila hendak mengunjungi Praha.

CZK - mata uang Ceko
Cara paling mudah untuk menukar uang adalah dengan menggunakan ATM. Kalian hanya perlu memiliki kartu ATM (yang tentu saja memiliki dana yang cukup) yang memiliki logo Maestro, Cirrus atau logo lainnya yang dapat kalian lihat di kartu ATM kalian. Kartu ini dapat kalian gunakan di ATM yang memiliki logo yang sama di kota Praha yang kemudian akan mengkonversi uang di rekening kalian dengan rate CZK pada saat itu ditambah dengan biaya administrasi setiap pengambilan uang. Oleh karena itu, disarankan untuk mengambil uang secukupnya dari ATM untuk menghindari pengambilan uang secara berulang-ulang.

Cara lainnya adalah dengan menukar uang di money changer yang dapat kalian temukan di pusat-pusat turis dan juga stasiun kereta besar.

Untuk mengetahui konversi CZK ke mata uang lain, kalian dapat mengakses website ini : Konversi Mata Uang

Bahasa di Praha
Bahasa Ceko merupakan bahasa unik lainnya khas Eropa Tengah. Sebagai orang awam, saya menyarankan untuk selalu melihat papan nama stasiun metro setiap kali kalian hendak bepergian. Atau menuliskan nama tujuan kalian di kertas dibandingkan dengan mengingatnya. Namun, sebagai kota turis banyak penduduk di Praha yang bisa berbahasa Inggris. Tapi, apabila bahasa Inggris masih menjadi halangan, kalian bisa mengerahkan bahasa tubuh untuk berkomunikasi di kota Praha. Body Language rules everywhere!

Keamanan di Praha
Sebagai kota tujuan wisata utama di Eropa, tentu saja kota Praha selalu dipenuhi oleh turis yang berdatangan dari berbagai negara. Hal ini tentu saja membuat para wisatawan merasa aman ketika menghabiskan waktu di kota Praha. Tapi, sebagai kota yang selalu penuh dengan turis, hal ini mengundang para pencopet untuk melakukan aksinya di setiap tempat-tempat wisata yang ada di kota Praha. Kota Praha merupakan kota urutan ke-empat setelah Barcelona, Roma, dan Paris untuk urusan "populasi pencopet". Jadi, hati-hati dengan dompet dan barang-barang berharga kalian!


Well, setelah mengetahui beberapa informasi penting mengenai kota Praha  sekarang kalian sudah siap untuk memulai perjalanan kita - 5 jam di kota Praha!

Kota Praha dilihat dari Jembatan Charles


11 AM
Tujuan : Terminal bis Praha - Jembatan Charles 
Stasiun Metro : Florenc C - StaromÄ›stská

Rute perjalanan ini hanya untuk kalian yang mengunjungi Praha dengan menggunakan Eurolines. Metro Florenc C merupakan stasiun metro terdekat dari terminal bis, jadi dari sini kalian dapat langsung menuju pusat kota yang terletak dekat dengan stasiun Starometska. Perjalanan dari terminal menuju pusat kota memakan waktu sekitar 30 menit.

Dari stasiun Starometska, kalian hanya perlu berjalan 5 - 10 menit untuk menuju ke jembatan Charles yang merupakan simbol kota Praha yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Menara di depan jembatan Charles
Sebagai simbol kota Praha  jangan kaget kalau kalian langsung bertemu ribuan turis yang berlalu lalang di jembatan Charles. Tidak lupa juga penjual souvenir, lukisan, dan pernak pernik lainnya di sepanjang jembatan Charles. 


Pemandangan sehari-hari di Jembatan Charles
12 PM
Tujuan : Jembatan Charles dan sekitarnya

Well, tidak salah memang kalau jembatan Charles menjadi simbol kota Praha karena banyak sekali kejadian bersejarah yang terjadi di jembatan Charles ini. Setiap kejadian bersejarah itu kemudian dibuatkan patung-patung batu yang mengisi sisi kiri kanan jembatan Charles ini. Patung-patung inilah yang menjadi daya pikat dari jembatan Charles, selain dari pemandangan kota Praha yang luar biasa ketika dilihat dari jembatan Charles.

Berikut patung-patung yang terdapat di jembatan Charles yang sempat terekam dalam kamera saya.





Dengan menyebrangi jembatan Charles, kalian dapat mencapai Kastil Praha yang juga merupakan tujuan utama wisata di kota Praha.

Kastil Praha berada di balik menara ini. 

Ada pula Museum Torture instruments yang dapat kalian temukan tepat di depan menara masuk jembatan Charles.



Pintu masuk Museum Torture instruments
(Peralatan penyiksaan)
1 PM
Tujuan : Kota Tua Praha

Dari jembatan Charles, kalian dapat langsung berjalan masuk lebih dalam ke kota tua, dimana jam Astronomical yang terkenal berada.


Kalian dapat dengan mudah menemukan banyak sekali toko-toko souvenir dan juga restoran-restoran di sepanjang jalanan kecil ini. Ikuti terus petunjuk jalan agar kalian tidak tersesat karena jalanan di sini cukup rumit.

Setelah berjalan menyusuri jalan kecil selama beberapa menit, inilah pemandangan yang dapat kalian lihat ketika kalian berada di tengah kota tua Praha.


The Church of Mother of God before Tyn yang memiliki menara kembar yang menjulang tinggi tepat di tengah kota tua Praha  Di tempat ini kalian dapat melihat banyak sekali turis duduk-duduk untuk menikmati pemandangan kota sambil mencicipi makanan khas kota Praha. 

Namun, bangunan gereja bermenara kembar ini bukanlah satu-satunya bangunan yang menarik di sini. Kalian hanya perlu menengok sedikit saja untuk menemukan bangunan yang memiliki benda berbentuk lingkaran berlapis-lapis yang dihiasi dengan huruf romawi dan lambang-lambang aneh lainnya. Yeaph, inilah benda paling antik yang dapat kalian temukan di Praha - Jam Astronomi. 

Jam Astronomi di Praha
Jam astronomi ini dibuat sejak tahun 1410 dan merupakan jam astronomi tertua yang masih dapat berfungsi. Jam ini terdiri dari 3 komponen utama: astronomical dial - yang melambangan matahari dan bulan, "The Walk of the Apostles" yang menunjukkan angka-angka pada jam yang dilambangkan dengan simbol tengkorak, dan terakhir calendar dial yang menunjukkan bulan dan dilambangkan dengan simbol medali. 

Tepat di bawah jam astronomi ini, kalian dapat menemukan banyak orang mengenakan seragam kuning dan membawa payung berwarna kuning. Untuk kalian pemburu barang gratisan, disinilah tempat kalian! Di tempat inilah tur kota Praha dimulai! Kalian dapat mengikuti tur kota Praha secara GRATIS hanya dengan menunggu di tempat ini dan berkomunikasi dengan para tur guide yang berbaju kuning tersebut. Untuk mengetahui jadwal dari tur kota Praha gratis ini, kalian dapat langsung mengakses website ini. 

Tur kota Praha ini sangat menarik untuk diikuti, terutama untuk kalian pecinta sejarah. Dikarenakan banyak sekali bangunan dan monumen bersejarah di kota Praha, tur kota Praha ini lebih memfokuskan tentang sejarah di balik bangunan dan monumen tersebut. Jadi, kalian tidak hanya menikmati pemandangan dan keindahan bangunan di kota tua Praha, tapi kalian juga dapat mengetahui sejarah kota Praha. Menarik kan? 

2 PM
Tujuan : Tur kota Praha GRATIS! 

Jarum jam sudah menunjukkan pukul 2 PM waktu kota Praha. Saatnya memulai tur kota Praha gratis yang berlangsung selama 2 jam ke depan.

Tur dimulai dengan penjelasan mengenai jam astronomi dan juga menara gereja yang terletak di tengah kota tua. Ternyata, walaupun terlihat seperti menara kembar, menara gereja itu berbeda lebarnya. Menara di sisi kiri terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan menara di sisi sebelah kanan.

The Church of Mother of God before Tyn
Berjalan sedikit dari jam astronomi, kalian dapat menemukan monumen bersejarah lainnya, yaitu monumen peringatan Jan Hus. Jan Hus merupakan aktivis yang menyebarkan agama Protestan di Praha yang meninggal sebagai martyr di kota Praha. 

Monumen Peringatan untuk Jan Hus

Dalam sejarahnya, Praha sempat mengalami gejolak di dalam negeri yang disebabkan oleh persaingan antara agama Katolik dan Protestan. Kedua belah pihak saling bermusuhan dan menjatuhkan banyak sekali korban dikarenakan perbedaan pendapat di antara dua agama besar ini di kota Praha. Kejadian yang berlangsung bertahun-tahun ini akhirnya memberi celah bagi aliran komunis untuk masuk ke dalam masyarakat Praha. Gencarnya pendoktrinan aliran komunis membuat banyak masyarakat Praha memilih untuk menjadi kaum komunis. Sejarah inilah yang membuat banyak masyarakat negara Ceko menjadi ateis hingga saat ini. 

Beralih dari kota tua, kita berjalan sedikit keluar dari hiruk pikuk kota ke bangunan megah yang terletak di pinggir sungai, gedung konser kota Praha (Municipial House). Layaknya kota Vienna di Austria, Praha pun merupakan tempat sejarah perkembangan musik klasik di Eropa. Oleh karena itu, kalian dapat melihat banyak orang yang menawarkan tiket konser musik klasik yang diadakan hampir setiap harinya di kota Praha.

Gedung Konser Praha (Municipial House)

Ada cerita lucu yang diceritakan oleh Kris, tur guide saya selama mengikuti tur kota Praha. Cerita ini berawal dari zaman Hitler yang sedang menduduki kota Praha. Pada masa itu, gedung konser ini memiliki empat patung yang merupakan patung dari empat musikus yang paling terkenal di Prague. Dari keempat patung tersebut, salah satu nya merupakan musikus yang merupakan seorang Yahudi dan hal itu tentu saja membuat Hitler geram. Oleh karena itu, Hitler langsung memerintahkan anak buahnya untuk menghancurkan patung musikus Yahudi tersebut. Tentu saja anak buahnya langsung menjalankan tugasnya dan bergegas untuk menghancurkan patung musikus Yahudi itu tanpa mengetahui bagaimana rupa dari musikus Yahudi tersebut. Kepanikan langsung melanda para anak buah Hitler karena mereka tidak tahu siapa di antara keempat musikus itu yang merupakan seorang Yahudi. Di tengah kepanikan itu, ada yang berpendapat bahwa semua orang Yahudi memiliki hidung mancung dan mereka memutuskan untuk mengukur panjang hidung dari keempat patung itu dan menghancurkan patung yang memiliki hidung paling mancung. Konyol memang, tapi itu yang mereka lakukan saat itu dan mereka berhasil menghancurkan patung yang memiliki hidung paling mancung tanpa mengetahui kalau patung yang mereka hancurkan itu merupakan patung dari musikus favorit Hitler. Well, kalian bisa membayangkan sendiri bagaimana nasib mereka yang sudah menghancurkan patung dari musikus favorit Hitler. 

3 PM
Tujuan : Tur kota Praha bagian DUA!

Kris di depan pintu masuk gereja St James

Setelah cerita konyol dari gedung konser Praha, Kris menceritakan cerita horor yang berasal dari gereja St. James yang terletak tidak jauh dari kota tua.

Cerita berawal dari patung bunda Maria yang berada di dalam gereja ini. Patung ini merupakan hasil dari sumbangan seseorang kepada gereja dan memiliki berbagai macam hiasan yang cukup menawan. Hal ini membuat seorang pencuri memiliki keinginan untuk mencuri hiasan-hiasan yang ada di patung itu. Pencuri itu kemudian bersembunyi di dalam gereja hingga malam hari ia keluar untuk mengambil hiasan di patung itu. Ketika tangannya hendak meraih hiasan di patung itu, tiba-tiba tangan dari patung itu bergerak dan memegang tangannya. Pencuri itu pun berusaha untuk melepaskan tangannya, namun ia tidak bisa melepaskan tangannya dan dengan terpaksa ia harus tergantung di tempat itu hingga pagi. Di pagi harinya, pencuri itu ditolong oleh orang gereja yang melihatnya menggantung di dekat patung. Sayangnya, mereka pun tidak bisa melepaskan tangan pencuri itu dan dengan terpaksa mereka harus memotong tangan pencuri itu untuk menurunkannya. Tangan yang tertinggal itu ternyata masih ada hingga sekarang dan kalian dapat melihatnya di dalam gereja St. James ini.

Dari gereja St. James yang "horor", Kris kemudian bercerita tentang keberadaan pemukiman Yahudi (Jewish Ghetto) yang berada tidak jauh dari pusat kota. Terdapat pula kuburan khusus orang Yahudi yang berada di gereja tidak jauh dari pemukiman ini.

Dari pemukiman Yahudi, museum nasional kota Praha dan beberapa monumen peringatan bagi beberapa tokoh yang sempat membuat sejarah di Praha, seperti Jan Palach, seorang pelajar yang melakukan aksi bakar diri sebagai bentuk protes terhadap pemerintahan dan Franz Kafka, seorang penulis kritis berlatarbelakang Jerman, namun merupakan keturunan Yunani.




4 PM
Tujuan : Kota tua - Terminal bis Praha
Stasiun Metro :  StaromÄ›stskáFlorenc C

Satu jam terakhir di kota Praha, saya menghabiskan waktu dengan menikmati beberapa cemilan khas kota Praha dan berburu berbagai pernak pernik khas kota Praha.

Salah satu kue unik di kota Praha

Jangan lupa untuk "membawa pulang" jam astronomi kota Praha ke rumah! 

Jam astronomi - oleh-oleh paling unik yang saya temukan di Praha!

P.S: Cek harga dulu sebelum kalian membeli jam ini. Kemarin saya berhasil membeli jam ini dengan harga 200 CZK. Siapa tahu kalian bisa membeli jam ini dengan harga yang lebih murah. :D

Okay travellers, perjalanan saya berakhir sampai disini. Semoga kalian menikmati cerita kunjungan saya yang (sangat) singkat di kota Praha. Sampai jumpa di seri Menjelajahi Eropa Tengah bagian terakhir di Vienna, Austria! :) 

Comments

  1. Salam kenal Mba Rheina,
    saya ada plan utk ke swiss, austria, dan prague may 2016
    Yang masih membingungkan apa bedanya eurail pass dan swiss pass ya?
    soalnya baca2 kebanyakan menyarankan beli swiss pass utk keliling swiss, namun saya masih bingung apa bedanya dengan eurail pass ya? wkwkwkwkwk Makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k