Skip to main content

Berpetualang di Kota Musik, Salzburg

Salzburg, kota kecil yg terletak di perbatasan negara Austria dan Jerman. Oleh karena letaknya yang strategis, kota ini biasanya termasuk dalam salah satu tujuan wisata bagi para turis yang mengunjungi kota Munich, Jerman selatan.



Pertanyaan pertama, bagaimana cara ke Salzburg? 

Sebagai kota yang berada di perbatasan 2 negara - Jerman dan Austria, kalian dapat dengan mudah mengunjungi Salzburg melalui kota Munich, Jerman. Perjalanan dari Munich ke Salzburg dapat ditempuh dengan kereta atau kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Oleh karena letaknya yang amat dekat dengan Munchen, kalian dapat menggunakan Bavarian Ticket - yaitu tiket khusus yang dapat digunakan 1 hari penuh di seluruh kereta Regional Munchen - termasuk kereta regional yang mengarah ke Salzburg. Tiket ini dapat dibeli dengan harga 29 Euro (2012) dan dapat digunakan oleh 5 orang. Jadi, sangat dianjurkan untuk membeli tiket ini apabila kalian hanya ingin menghabiskan 1 hari penuh di Salzburg bersama dengan 4 orang teman kalian.


Pertanyaan kedua, hal apa yang menarik dari Salzburg? 

Kota Salzburg ini pertama kali dikenal sebagai kota kelahiran sang jenius musik, Wolfgang Amadeus Mozart. Kalian dapat melihat rumah kelahiran Mozart yang sekarang telah dijadikan museum. Museum "Mozart Geburthaus" ini dapat kalian temukan di  Getreidgasse 9 - salah satu jalan utama kota tua di Salzburg.



Bentuk penghargaan lain yang diberikan oleh kota Salzburg kepada Mozart adalah dengan keberadaan patung Mozart yang diletakan di tengah kota dan juga merupakan termasuk ke dalam World Heritage, UNESCO.

Tidak hanya itu, kalian dapat menemukan banyak sekali oleh-oleh khas Salzburg yang membawa nama Mozart seperti Mozart Kugeln, Mozart Liquor dan lainnya. Kalian juga dapat menemukan restoran yang mengusung tema musik klasik - dimana kalian dapat menggunakan pakaian dari jaman Mozart dan berdansa bersama sambil menikmati makanan khas Salzburg. To sum up, kalian dapat menemukan apa saja yang berkaitan dengan Mozart dan juga musik klasik di kota ini!

Selain Mozart, film "Sound of Music" juga turut memperkenalkan kota Salzburg ke wisatawan internasional. Tempat-tempat yang menjadi latar belakang dari film ini pun seperti, "Mirabell Schloss", "Hohensalzburg Fortress" dan "Hellbrun Palace" kini menjadi tujuan wisata utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Salzburg.

Pertanyaan ketiga, apa saja yang perlu dilakukan saat berada di Salzburg? 

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang paling sering saya lontarkan ke diri saya sebelum saya menetapkan kota apa yang akan saya kunjungi selanjutnya. Berangkat dari pertanyaan ini pula lah saya mulai mengumpulkan informasi tentang Salzburg, dimulai dari tempat tujuan wisata, jalur transportasi, oleh-oleh khas, dan tentu saja makanan khas Salzburg. Dari beragam informasi yang saya temukan, saya dapat menyusun to-do-list selama di Salzburg.

Berikut 9 hal yang bisa kalian lakukan selama berada di Salzburg :


1. Mengunjungi Mirabell Schloss 



2. Mengunjungi Hohensalzburg Fortress - dengan menaiki kereta gantung. 
Hohensalzburg Fortress

Stasiun kereta gantung menuju Hohensalzburg Fortress

3. Mengunjungi Hellbrun Palace 
Petunjuk arah ke pintu masuk Hellbrunn Palace

4. Melihat rumah kelahiran Mozart 
Pintu masuk Mozart Geburthaus

5. Berkeliling di kota tua Salzburg - yang merupakan salah satu World Heritage UNESCO
Kota tua Salzburg dari seberang sungai
Kota Salzburg dari atas Hohensalzburg Fortress

6. Mencoba Käseknödeln (bakwan keju?) - makanan khas Salzburg
Käseknödeln
7. Mencoba Salzburger Nockerln - makanan penutup khas Salzburg
Salzburger Nockerln ala Cafe Mozart
Untuk info tambahan, Salzburger Nockerln ini terbuat dari putih telur yang dikocok bersamaan dengan gula,  dilapisi adonan kue di atasnya, diberi selai raspberry dan terakhir, dipanggang selama 20 menit. Jadi, kalian harus menunggu sekitar 20 menit untuk dapat menikmati makanan ini.

Pintu masuk Cafe Mozart


Hanya beberapa restoran yang dapat menyajikan Salzburger Nockerln. Dari sekian banyak restoran, Cafe Mozart menyajikan Salzburger Nockerln dengan harga paling murah - yaitu 12.50 Euro. (Di restoran lain, Salzburger Nockerln dibandrol dengan harga 15 - 20 Euro). 


Cafe Mozart ini dapat kalian temukan di 
Getreidgasse 22
Salzburg, Austria









8. Melihat patung Mozart di tengah kota 
Patung Mozart
9. Membeli Mozart Kugeln untuk oleh-oleh. 
Berbagai macam kemasan Mozart Kugeln

Kota Salzburg merupakan kota kecil sehingga jarak dari 1 tempat ke tempat lain tidak cukup jauh (kecuali Hellbrun Palace). Jadi, apabila kalian hanya mempunyai waktu singkat di Eropa, 1 hari sudah cukup untuk mengelilingi kota Salzburg.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Salzburg, kalian dapat mengakses website di bawah ini.



P.S : Apabila kalian ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Salzburg, sempatkan diri untuk mengunjungi Hallstatt - yang berjarak hanya 2 -3 jam dari Salzburg. Untuk mengetahui apa itu Hallstatt, kalian dapat melihat post berikut ini

Comments

  1. #BlogWalking Well written about your Europe Trips - such an unforgettable hah? :)

    ReplyDelete
  2. YES! It was my first time to go to Europe and travelling around without my parents. How could I ever forget about this :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mbak
    Infonya membantu :)
    Salam kenal Mb Rheina

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Menjelajahi Eropa Tengah Part I : Budapest

Sebagai penutupan tahun 2012, saya akan membagikan pengalaman travelling saya di Eropa Tengah. Negara pertama yang akan saya bahas adalah Hungaria . Negara : Hungaria Ibukota : Budapest Bahasa : Hungarian Mata uang : Forint (HUF) Saya hanya memiliki waktu satu hari penuh untuk mengunjungi Hungaria. Oleh karena itu, saya hanya  mengunjungi satu kota saja selama saya di sana, yaitu Budapest - yang merupakan kota terbesar sekaligus tempat tujuan wisata utama di Hungaria. Walaupun saya tidak dapat melihat seluruh keindahan kota Budapest, tapi saya dapat merasakan kekentalan budaya Eropa Tengah yang jauh berbeda dengan negara di belahan benua Eropa lainnya. Banyak tempat menarik yang harus dikunjungi di Budapest, namun mengingat waktu kunjungan saya yang cukup singkat, dengan terpaksa saya harus memilih tempat mana saja yang harus wajib dikunjungi dan juga terletak tidak jauh dari pusat kota. Namun, sebelum memulai petualangan di kota Budapest, ada baiknya ka

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k