Skip to main content

24 Jam di Paris

Menyambung kisah perjalanan pertama dari RR Tour di Eropa, sekarang saya akan membagikan cerita perjalanan singkat saya di Paris - yang terjadi TEPAT 1 tahun yang lalu, yaitu pada tanggal 8 dan 9 April 2012.

Selamat datang di Menara Eiffel

Seperti yang sudah saya ceritakan di post sebelumnya, untuk perjalanan pertama ini saya memegang prinsip - memilih yang termurah = pilihan terbaik. Jadi, beginilah cerita saya ketika berjalan-jalan di Paris dengan memegang prinsip - carilah yang termurah.

***

Jam ke-1: Terminal, Hotel, dan Metro

Perjalanan dari Belanda ke Paris memakan waktu sekitar 5 - 6 jam dengan menggunakan bis. Saya berangkat pada siang hari dan sampai di terminal bis Eurolines di Paris sekitar pukul 6 - 7 malam.

Hal menarik yang hanya bisa kalian temukan apabila memilih transportasi bis, kalian bisa melewati kota menawan yang tidak termasuk ke dalam tujuan kalian, sebagai contoh - Brussel. Saya bisa melihat sebagian kecil bangunan menarik di Brussel, termasuk gedung putih yang terlihat seperti Minash Tirith di film Lord of the Ring. :)

Mengintip kota Brussel selama perjalanan Belanda-Paris

Sesampainya di terminal bis, saya segera mencari stasiun Metro untuk segera check-in di hotel yang terletak di daerah Corvisart. Untunglah hotel saya terletak tidak jauh dari stasiun metro dan setelah saya menyimpan barang di kamar, saya langsung melesat kembali ke stasiun Metro, tidak sabar untuk melihat Menara Eiffel yang legendaris.But, tunggu - sebelum melesat ke kota, saya langsung mengambil map kota Paris yang bisa ditemukan di lobby hotel.

Peta kota Paris yang WAJIB dimiliki sebelum berkeliling kota Paris

Jam ke-2: Menara Eiffel

Menara Eiffel sudah terlihat dari kejauhan dan semakin jelas ketika stasiun Metro berhenti di stasiun Bir-Hakeim. Dari stasiun, kalian harus berjalan 5-10 menit untuk akhirnya benar-benar sampai di depan komplek Menara Eiffel.

Kalian bisa melihat ribuan turis asing dan juga penjual souvenir memadati area ini. Tepat di bawah menara Eiffel, kalian bisa melihat antrian pengunjung yang ingin naik ke atas menara Eiffel.

Ribuan turis yang memadati komplek Eiffel di malam hari

Jam ke-3: Sesi foto bersama si Eiffel :)

Berjalan tidak jauh dari menara, kalian bisa menemukan padang rumput di mana banyak turis duduk sambil berfoto-foto dan menikmati pemandangan yang indah di depan mereka. Tentu saja, saya pun ikut ngemper di padang rumput sambil memandang menara Eiffel - yang biasanya hanya dapat dilihat melalui layar kaca.

Menara Eiffel dari berbagai sisi <3

Sambil tidur-tiduran di rumput, saya pun menikmati momen ini untuk berfoto bersama si menara Eiffel. Pada saat-saat seperti ini, saya benar-benar berharap kalau saya memiliki kamera SLR insted of kamera poket. Jangan kaget kalau kalian bisa bertemu sesama warga Indonesia - karena saya bertemu cukup banyak orang Indonesia ketika berada di komplek menara Eiffel.

Jangan lupa untuk menyaksikan atraksi lampu di menara Eiffel yang biasanya diadakan setiap jamnya.

Jam ke-4: Champs Elysees

Waktu seakan berjalan sangattt cepat dan mengingat hari sudah semakin larut, saya melanjutkan perjalanan ke tempat selanjutnya - Champs Elysees.

Jalanan di depan menara Eiffel

Perjalanan menuju Champs Elysees cukup menghabiskan waktu dan tenaga karena saya sempat salah jalan. Maklum, saya masih newbie soal melihat arah dan membaca peta. Namun, setelah berputar-putar untuk beberapa saat akhirnya saya sampai di jalanan paling terkenal di Paris, Champs Elysees.

Champs Elysees terlihat sepi di malam hari
Berhubung waktu yang sudah sangat larut, kebanyakan toko sudah tutup dan hanya menyisakan beberapa restoran dan bar yang masih buka di sepanjang jalan. Namun, walaupun toko-tokonya sudah tutup saya bisa merasakan aura elegan dan mewah terpancar dari etalase toko-toko bermerk di sepanjang jalan. Mulai dari Louis Vuitton, Hugo Boss, Burberry, dan banyak toko berkelas lainnya.

Etalase Louis Vuitton dan Hugo Boss di Champs Elysees

Jam ke-5: Arc de Triomphe

Tepat di ujung jalan Champs Elysees, kalian bisa melihat bangunan besar tepat di tengah-tengah persimpangan jalan yang tidak lain adalah Arc de Triomphe.

Arc de Triomphe
Sebagai salah satu simbol kota Paris, tentu saja bangunan ini juga terlihat megah - bahkan lebih megah dibandingkan dengan apa yang terlihat di TV. Namun, karena letaknya yang berada tepat di tengah persimpangan jalan besar di Paris, untuk berfoto dengan monumen ini membutuhkan waktu dan kesabaran (dan tentu kamera yang bagus) karena bukan hanya kalian satu-satunya turis yang ingin berfoto dengan Arc de Triomphe. Jadi, budayakan antri yah ketika ingin berfoto di depan monumen ini.

Under-pass menuju Arc de Triomphe
Saya mencoba mencari jalan untuk melihat lebih dekat bentuk dari monumen ini dan menemukan jalan bawah tanah yang ujungnya tepat di tengah-tengah monumen. Banyak ukiran dan juga nama-nama yang dituliskan di sekeliling tembok monumen.

Ukiran-ukiran pada dinding Arc de Triomphe

Jam ke-6: Selamat malam, Paris.

Saatnya untuk kembali ke hotel untuk beristirahat, karena perjalanan esok hari akan lebih panjang dan melelahkan dari hari ini.

A sweet kiss to end the day in the most romantic city on earth. :)
Jam ke-14: Bonjour, Paris!

Saya memulai perjalanan pada pukul 8 pagi dan langsung menuju Montparnasse - yang dibilang sebagai tempat terbaik untuk melihat kota Paris.

Pintu masuk gedung Montparnasse
Namun, perjalanan ini membawa masalah pertama - yang sudah cukup menguras tenaga di pagi hari. Ternyata, informasi saya mengenai Montparnasse dengan tempat yang ingin saya kunjungi itu berbeda. Saya mengira Montparnasse ini merupakan sebuah bangunan tua dimana kita bisa naik ke atasnya padahal, Montparnasse ini merupakan sebuah gedung modern yang di mana pengunjung bisa melihat keseluruhan kota Paris dari lantai paling atas gedung ini. Jadi, kalian bisa bayangkan bagaimana saya berputar-putar mencari bangunan tua padahal pada kenyataannya Montparnasse merupakan sebuah gedung tinggi modern yang sudah ada di depan mata saya.

Sepulangnya dari Paris, saya baru mengingat kalau tempat yang ingin saya kunjungi bukan Montparnasse, tapi MONTMARTE. Well, namanya mirip tapi cukup untuk merusak perjalanan saya di Paris.

Jam ke-15: Menara Eiffel (lagi)

Untuk mengembalikan mood yang sudah jelek gara-gara nyasar di Montparnasse, saya kembali ke Menara Eiffel untuk melihat bagaimana rupa menara tanpa hiasan lampu yang berkelap-kelip di malam hari. Ternyata, pemandangannya cukup jauh berbeda. Apabila dilihat pada siang hari, menara ini terlihat biasa saja - tapi kalau kita perhatikan lebih dekat, ternyata banyak sekali tulisan nama orang yang diukir di setiap plat besi yang menyusun menara Eiffel. Okay, tentu saja tulisan ini tidak akan bisa kalian lihat di malam hari.

Bir-Hakeim - stasiun Metro menara Eiffel

Pemandangan yang sama - bahkan lebih mengejutkan dibandingkan di malam hari. Antrian panjang turis yang ingin naik ke atas menara Eiffel. It happens everyday, I guess?

Antrian turis yang ingin naik ke puncak menara Eiffel

Jam ke-16: Jalan santai di kota Paris

Tepat di belakang taman menara, kalian bisa melihat bangunan menarik. Sampai sekarang, saya tidak tahu apa nama dari bangunan ini.

Bangunan misterius di tengah-tengah taman menara Eiffel
Tidak hanya itu, tepat di depannya ada bangunan yang terlihat seperti museum. Di depannya kalian bisa melihat patung seseorang yang menaiki kuda. (Jangan tanya saya siapa dan apa nama dari bangunan ini)

Saya melanjutkan perjalanan tanpa arah - karena terlalu banyak tempat yang ingin dikunjungi, tapi tidak tahu kemana dan bagaimana menuju tempat itu. Jadi, saya memutuskan untuk mencari jalan menuju museum Louvre.

Jam ke-17: Pont Alexandre III

Cara terbaik untuk memaksimalkan kunjungan yang singkat di Paris adalah dengan cara mengelilingi kota dengan berjalan kaki. Walaupun cara ini cukup menguras tenaga, tapi kalian bisa menemukan banyak sekali bangunan menarik dan melihat banyak sekali monumen yang bahkan tidak tertera di peta.

Hal ini yang akhirnya mempertemukan saya dengan jembatan Pont Alexandre III.

Saya tidak tahu bagaimana caranya bisa sampai ke tempat ini karena hal yang saya ingat adalah saya hanya berjalan dan melihat ada monumen tinggi dengan hiasan berwarna emas di puncaknya. Hal itu sudah cukup menarik perhatian saya dan saya pun langsung mendekati monumen tersebut.

Pont Alexandre III

Tidak jauh dari jembatan ini, ternyata ada sebuah museum besar (yang saya tidak tahu apa nama museum itu) dan banyak sekali turis yang mengantri untuk masuk ke dalam museum.

Bangunan museum di dekat Pont Alexandre III

Jam ke-18: Musee de l'Armee feat Cathedral Saint-Louis des Invalides

Dari Pont Alexandre III, saya melanjutkan perjalanan dan melihat bangunan berkubah emas yang menarik perhatian saya. (Setelah diingat-ingat, sepertinya saya hanya mengunjungi bangunan yang memiliki puncak berwarna emas selama di Paris.)

Musee de l'Armee

Setelah mendekat, ternyata bangunan berkubah emas ini merupakan sebuah gereja yang terletak di belakang museum. Untunglah museum ini terbuka untuk umum sehingga saya bisa masuk melihat bagian dalam dari gedung museum ini dan masuk ke dalam gereja.

Cathedral Saint-Louis des Invalides

Jam ke-19: Nyasar di Quai D'Orsay

Dari gereja berkubah emas, saya melanjutkan perjalanan menuju museum Louvre - yang merupakan tujuan utama saya hari ini. Lagi-lagi, saya sempat nyasar (sedikit) dan sampai di suatu tempat bernama Quai de Orsay. Saya lupa apa yang menarik dari tempat ini, tapi sepertinya tempat ini merupakan tempat dimana kalian bisa menemukan perahu yang biasanya memutari kota Paris di malam hari.

Bangunan dan jalan yang saya lalui ketika sedang nyasar

Jam ke-20: Musee du Louvre

Museum Louvre di seberang sana!
Perjalanan panjang selama beberapa jam akhirnya membuahkan hasil dan saya bisa melihat piramid kaca yang menjadi simbol dari museum Louvre ini.

Brandenburg Gate Louvre
Ketika sampai di area museum, saya bisa melihat ribuan turis duduk-duduk, berfoto, bersantai sambil melihat bangunan-bangunan bersejarah yang mengelilingi mereka. Ternyata, seluruh bangunan yang mengelilingi piramid kaca Louvre itu merupakan bagian dari Museum Louvre. So, museum ini sangatttt besar - bahkan saking besarnya waktu 24 jam tidak akan cukup untuk melihat semua koleksi yang berada di dalam museum.

Komplek museum Louvre

Tentu saja mengingat waktu kunjungan saya yang hanya tersisa beberapa jam lagi, saya tidak mungkin masuk ke dalam museum. I will, next time.

Piramid kaca - yang merupakan pintu masuk utama ke dalam museum Louvre
Jam ke-21: Waktunya belanja!

Pada jam-jam terakhir di Paris, saya menghabiskan waktu untuk membeli oleh-oleh khas Paris seperti baju I love Paris, miniatur menara Eiffel, magnet, tas dan banyak pernak-pernik lainnya.

Kalian bisa melihat banyak sekali toko souvenir tidak jauh dari komplek museum Louvre.

Jam ke-22: Notre Dam

Tujuan terakhir saya di kota Paris, gereja penuh kontroversial, Notre Dam.

Notre Dam, Paris

Saya ingat sekali, perjalanan dari Museum Louvre ke Notre Dam tidak cukup menyenangkan karena hujan yang mengguyur kota Paris hari itu. Hal ini membuat saya tidak bisa menikmati pemandangan kota dan juga bangunan dari Notre Dam itu sendiri.

Selain itu, saya juga baru mengetahui kalau gereja ini dibuka untuk umum tanpa biaya apapun - namun, hal ini yang membuat antrian panjang yang tidak pernah absen di depan gereja.

Pintu masuk Notre Dam

Kesimpulan: setiap bangunan dan museum terkenal yang berada di Paris selalu dipadati oleh antrian turis.

Jam ke-23: Belanja lagi ~

Sambil berteduh, saya kembali melihat-lihat di toko souvenir dekat Notre Dam. Rasa lelah sudah mulai merusak mood saya untuk berjalan-jalan. Ditambah dengan cuaca buruk pada hari itu dan fakta kalau saya hanya memiliki waktu satu jam lagi di Paris.

Jam ke-24: Au revoir, Paris!

It's time to go home.

Gallieni - stasiun Metro menuju terminal bis Eurolines

Waktunya pulang dan meninggalkan kota penuh sejarah, kemegahan dan turis. Jujur, saya merasa waktu 24jam ini amat sangat tidak cukup untuk mengelilingi kota Paris. But, penyesalan selalu datang di akhir. Walaupun masih banyak tempat yang tidak sempat saya lihat dan kunjungi, tapi saya tetap puas karena saya akhirnya bisa melihat menara Eiffel dan juga berfoto dengan piramid kaca museum Louvre yang terkenal gara-gara film Da Vinci Code.

Sampai jumpa lagi, Paris!
I will visit you again in the future!

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Menjelajahi Eropa Tengah Part III : 5 Jam di Kota Praha

Hola travelers ! Kembali lagi di Travel Series : Menjelajahi Eropa Tengah! Untuk kalian yang ketinggalan, kalian dapat membaca cerita kunjungan saya di Polandia dan Budapest . Post kali ini saya akan membahas mengenai kota Praha di negara Ceko. Negara : Ceko Ibukota : Praha Bahasa : Ceko Mata uang : Koruna (CZK) Kota Praha - atau sering disebut sebagai kota seribu menara merupakan salah satu tujuan utama di Eropa Tengah. Sebagai kota seribu menara, kalian dapat menemukan banyak sekali menara-menara yang menjulang tinggi memenuhi kota Praha ini. Jadi, tidak diragukan lagi kalau ini merupakan kota yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Eropa. Sayangnya, saya tidak dapat melihat semua keindahan kota ini dikarenakan waktu kunjungan saya yang hanya setengah hari saja. Namun, selama kalian mempunyai jadwal dan tujuan yang jelas, waktu yang singkat tidak mengurangi keindahan kota Praha. Oleh karena itu, di post ini saya akan membagikan cerita bagaimana menikmati

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k