Skip to main content

Parthenon, kuil para dewa


Ada yang pernah dengar tentang "Parthenon" ?

"Parthenon" ini biasanya banyak dibahas di film-film yang berlatar belakang cerita dewa-dewi Yunani, seperti Zeus, Athena, Poseidon dan dewa-dewi lainnya. Hal ini dikarenakan "Parthenon" adalah sebutan untuk kuil para dewa-dewi yang berada di Akropolis, Yunani dan dibangun sebagai penghormatan untuk dewi Athena.

Bangunan "Parthenon" ini dibangun pada tahun 447 SM dan selesai pada tahun 438 SM. Hal yang membuatnya menarik adalah detail dari setiap pahatan dan dekorasi yang dianggap memiliki nilai seni yang tinggi - mengingat kalau bangunan ini dibangun di tahun 447 SM.

Sayangnya, bangunan ini sempat di bom pada tahun 1687 dan merusak hampir seluruh bangunan. Dikarenakan kerusakan yang cukup parah, ditambah dengan struktur bangunan yang rumit, membuat proses perbaikan dari bangunan ini masih berlangsung hingga sekarang.

Dikarenakan sejarahnya yang panjang, Parthenon merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Yunani.



Pertanyaan pertama, Parthenon itu dimana yah? 

Parthenon ini dapat ditemukan di Akropolis Athena, Yunani.

Akropolis Athena sendiri adalah sebuah dataran tinggi yang berada di tengah-tengah kota Yunani.
Parthenon merupakan bangunan yang berada di puncak dari Akropolis Athena ini.

Oleh karena letaknya di puncak Akropolis Athena, kalian perlu mendaki sekitar 15-20 menit - atau bahkan lebih cepat atau lambat - tergantung dari stamina kalian saat menaiki tangga di Akropolis Athena ini. :D

Jalan menuju tempat penjualan tiket Akropolis Athena


Pertanyaan kedua, apa yang menarik dari Parthenon? 

Seperti yang telah ditulis sebelumnya, Parthenon memiliki sejarah yang sangat panjang dan juga berumur ribuan tahun - dan itulah yang menjadi daya tarik dari Parthenon ini. Selain itu, dikarenakan aksi pemboman di masa lalu, Parthenon dan bangunan lainnya yang juga terletak di akropolis Athena hampir hancur seluruhnya. Tragedi ini yang kemudian mendorong beberapa arsitektur dunia untuk memperbaiki Parthenon ke wujudnya semula.

Parthenon

Di saat inilah, fakta menarik di balik Parthenon terkuak. Struktur arsitektur Parthenon ternyata sangat rumit dan membuat banyak arsitektur-arsitektur dunia perlu berpikir keras untuk merekonstruksi bangunan ini. Saking rumitnya, Parthenon masih belom dapat dibangun kembali seperti sediakala walaupun telah dibantu dengan teknologi modern. Ini merupakan salah satu dari fakta menakjubkan, mengingat Parthenon telah dibangun ribuan tahun yang lalu dengan menggunakan peralatan-peralatan kuno.

Parthenon - tampak belakang

Oleh karena itu, buat kalian pecinta sejarah Yunani kuno dan juga arsitektur, kalian pasti akan tertarik untuk mengunjungi Parthenon.
Parthenon - tampak samping

Sebagai tambahan, kalian dapat melihat seluruh kota Athena ketika kalian berada di puncak Akropolis Athena.

Pertanyaan ketiga, kalau Akropolis Athena itu apaan yah? 

Akropolis sendiri berasal dari bahasa Yunani, yang berarti dataran tinggi.
Oleh karena itu, Akropolis Athena berarti dataran tinggi yang berada di Athena.


Akropolis Athena ini merupakan salah satu akropolis yang paling terkenal dikarenakan keberadaan Parthenon di Akropolis Athena dan membuatnya menjadi salah satu situs World Heritage UNESCO.
 Saking terkenalnya, banyak orang beranggapan bahwa Parthenon itu adalah Akropolis, dan Akropolis itu hanya dapat ditemukan di Athena. Padahal pada kenyataannya, banyak akropolis lain yang tersebar di seluruh Yunani.

Di situs Akropolis ini, terdapat beberapa bangunan bersejarah yang memiliki arti penting untuk Yunani. 
Jadi, Parthenon bukan bangunan satu-satunya yang dapat kalian lihat di Akropolis Athena

Herod Atticus Odean - dari atas

Bangunan lainnya yang menarik adalah Herod Atticus Odeon. Bangunan ini merupakan sebuah teater yang dibangun untuk istri dari Herodes yang meninggal pada tahun 160 Masehi. Gedung teater ini merupakan salah satu gedung teater terbesar yang dapat menampung hingga 5000 orang. Beberapa pertunjukkan teater pun masih sering digelar dan menjadi salah satu atraksi yang menarik untuk ditonton.

Erechthenion

Ada pula bangunan yang berada di sebelah Parthenon, yang bernama Erecthenion. Erechthenion ini dibangun dari tahun 421 - 406 SM sebagai kuil pemujaan dewi Athena.



Selain itu, ada pula Propylaea, Kuil Athena Nike, Brauronion, dan bangunan lainnya - baik yang masih berupa bangunan, atau hanya berupa reruntuhan.



Pertanyaan keempat, jadi kalau kita mau ke Parthenon, kita harus masuk ke Akropolis Athena? 

Ya.
Apabila kalian ingin mengunjungi Parthenon, kalian harus masuk ke Akropolis Athena.
Selain itu, semua bangunan yang disebutkan di pertanyaan sebelumnya, berada di bawah atau sejajar dengan Parthenon. Jadi, kalian dapat melihat semua bangunan itu di Akropolis Athena.


Pertanyaan terakhir, berapa harga tiket masuk Akropolis Athena? Apakah itu hanya dapat digunakan untuk melihat Parthenon? Atau bisa juga digunakan untuk melihat bangunan lainnya? 

Harga tiket masuk Akropolis Athena adalah sebesar 12 Euro.

Tiket ini sudah termasuk untuk melihat semua bangunan di Akropolis Athena.

Pintu masuk ke Akropolis Athena

Jadi, kalian hanya perlu membeli 1 tiket ini saja untuk melihat seluruh bangunan di Akropolis Athena.

Kabar baik untuk kalian yang masih berumur di bawah 18 tahun. 
Kalian tidak perlu membayar tiket masuk – alias gratis – untuk masuk ke dalam Akropolis Athena.

Tidak hanya di akropolis, regulasi ini juga berlaku di semua museum dan situs bersejarah di Eropa. Petugas hanya akan menanyakan kartu identitas, jadi jangan lupa untuk membawa paspor kalian setiap saat. Tidak hanya itu, untuk kalian yang berumur di atas 18 tahun dan merupakan pelajar, kalian hanya perlu membayar 50 persen dari harga tiket normal untuk masuk ke dalam akropolis. 

Tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Akropolis Athena

1. Sangat dianjurkan untuk mengunjungi Akropolis Athena di pagi hari, sekitar pukul 9 atau 10 pagi. Hal ini dikarenakan pada jam segitu, matahari masih belum terlalu terik dan belum banyak rombongan tur yang naik ke atas. Jadi, waktu kalian sampai di depan Parthenon, udara masih cukup sejuk dan tidak terlalu ramai oleh rombongan tur.

2. Jangan lupa membawa minum sebelum kalian naik ke atas, karena ketika kalian berada di atas, tidak ada toko yang menjual minuman.

3. Gunakan sepatu yang nyaman karena kalian akan melewati banyak tangga dan juga tanjakan, ditambah lagi jalanan yang tidak selalu rata - ada beberapa jalan yang berbatu.

Jalan menuju Parthenon

4. Jangan lupa untuk membawa kacamata dan topi sebelum naik ke atas karena matahari disana sangat silau + panas menyengat - terutama apabila kalian mengunjungi Akropolis Athena pada tengah hari.

5. Berhati-hatilah saat mendaki Akropolis Athena, terutama di saat hujan karena jalanannya bisa menjadi licin.

6. Jangan lupa untuk membawa kamera! :D

Kota Athena dari atas Akropolis Athena

P.S :
Pada saat kalian sampai di puncak, sisi Parthenon yang langsung kalian lihat merupakan sisi belakanganya. Jadi, kalian harus berjalan lagi ke depan untuk melihat sisi depannya. :)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses alamat website di bawah sini

Website resmi Akropolis Athena

Informasi mengenai Akropolis Athena

Jalur pendakian Akropolis Athena



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k

City Runner

Yey - setelah beberapa bulan menghilang dari dunia blogging, akhirnya saya bisa mengumpulkan niat yang cukup untuk melanjutkan kisah perjalanan saya. OK, buat kalian yang ketinggalan, di pos-pos sebelumnya saya sedang bercerita tentang kunjungan saya ke Italia, yaitu di kota Venice  dan  Roma . Vatican at the first sight :)  *** Hari terakhir saya di Italia ditutup dengan kunjungan ke negara (kota?) terkecil di dunia yang juga menjadi pusat dari agama Katolik di dunia, Vatikan . Saya merasa cukup beruntung karena saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Scavi Tour yang sangat terbatas untuk turis asing. (read:  Scavi Tour yang misterius  ) Cerita saya berawal dari pagi hari, dimana Scavi tour dijadwalkan akan dimulai pada pukul 09.00. Berhubung apartment saya cukup jauh dari pusat kota, saya berencana untuk berangkat dari pukul 07.30. TAPI, ada beberapa hal yang perlu diurus dan saya pun akhirnya berangkat pada pukul 08.00. Well, hitungan teori sih harusnya Vatikan bisa