Skip to main content

Traveler's Notes : Souvenirs, any ideas?

Sebagai orang Indonesia, sudah lumrah hukumnya memberikan oleh-oleh untuk kerabat setelah pergi liburan panjang. Apalagi kalau kita berlibur hingga ke luar negeri - wah, wah, pasti banyak kerabat yang akan menagih oleh-oleh sepulangnya kalian ke tanah air.

Untuk kalian yang bingung mau beli oleh-oleh unik apa, semoga list berikut dapat memberikan kalian pencerahan:

1. Puzzle
Di beberapa tempat, mereka menjual puzzle bergambarkan landmark kota / negaranya untuk dibawa pulang oleh para turis. Sebagai pecinta puzzle, saya senang sekali ketika menemukan puzzle berlatarkan Hallstatt ketika saya berkunjung ke Hallstatt. Tidak kalah dari Hallstatt, saya juga membeli puzzle Neuschwanstein (the one I treasured the most!) dengan ukuran 1 meter ketika saya berkunjung ke kastil dongeng itu.  Mau coba beli untuk oleh-oleh?

Puzzle Neuschwanstein di paling belakang (it's 1000 pieces!)


2. Secret Box Hungary
Yang satu ini, cukup tricky. Secret Box ini saya temukan ketika sedang berjalan-jalan di pusat kota Hungaria. Waktu itu saya penasaran melihat tumpukan box kayu dan mendekati salah satu stall. Sang penjual kemudian memperlihatkan keajaiban si secret box ini dan sukses membuat saya ingin membawanya pulang. Karena harganya yang cukup lumayan, saya akhirnya membeli yang ukuran kecil. (Ukuran yang lebih besar membutuhkan cara yang lebih rumit lagi untuk membukanya). Well, mungkin next time saya baru beli box yang lebih besar. Hehehe...

Secret box Budapest - sebelum dan sesudah dibuka

PS: Untuk box kecil ini, kita perlu mendorong part tertentu dan menemukan kunci terselip di sela-selanya. Tapi, setelah bertahun-tahun kemudian, saya lupa bagaimana cara membuka kotak ini dan hingga sekarang, belum berhasil membuka kembali si secret box ini. Duh.

3. Astronomical Clock 
THIS! Oleh-oleh favorite yang saya temukan di Eropa. Jam ini merupakan replika dari astronomical clock yang terpajang di City Hall kota Prague. This is just not an ordinary clock, I looovvvveeee every details drawn on it. 


Astronomical Clock, Praha

Ada versi magnetnya juga loh, yang gak kalah cantiknya



4. Matryoshka doll
Boneka khas Rusia, tapi saya menemukan ini di pinggiran jalan kota Prague. Buat kalian yang belum tahu, Matryoshka doll ini merupakan hiasan rumah yang terdiri dari beberapa boneka dengan ukuran yang berbeda-beda, dari yang paling besar hingga kecil sekali. Yang membuatnya unik, boneka paling kecil, dapat dimasukan ke boneka yang ukurannya lebih besar dan seterusnya.  Quite unique, right?  

Matryoshka doll - dari Ibunya sampai baby. 

5. Elk doll / magnet 
Kalian tidak boleh tidak membeli ini ketika kalian berkunjung ke Swedia.
Elk, merupakan binatang kebangsaan Swedia. Kalian dapat menemukan beragam souvenir - mulai dari gantungan kunci, boneka, magnet berbentuk hewan elk ini.
Di antara sekian banyak souvenir, saya menemukan kombinasi dari boneka magnet Elk dan gantungan kunci Elk. This one is sooo cute and fluffy.




6. Phantom of the Opera Mask 
Untuk kalian pecinta teater atau drama, oleh-oleh berupa topeng dari drama teater Phantom of the Opera sangat cocok untuk kalian. Topeng-topeng ini dapat kalian temukan dengan mudah di setiap sudut kota Venice. Tidak terbatas topeng setengah muka ala Phantom of the Opera, kalian dapat menemukan berbagai jenis topeng untuk oleh-oleh khas kota Venice.

 
Pilihan topeng yang bisa kalian temukan di Venice, so elegant and mysterious :)



7. Ouzo 

Buat yang mau bawa pulang minuman beralkohol sebagai oleh-oleh, mungkin Ouzo bisa menjadi pilihan kalian selanjutnya. Ouzo merupakan minuman alkohol khas dari Yunani yang dapat ditemukan di setiap toko souvenir di Yunani. Biasanya, mereka menjual dalam botol kecil / miniature bottle - sehingga kalian bisa membeli banyak untuk oleh-oleh. :)

Ouzo khas Yunani

***

Gimana, sudah menemukan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang? 

Comments

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k

Menjelajahi Eropa Tengah Part I : Budapest

Sebagai penutupan tahun 2012, saya akan membagikan pengalaman travelling saya di Eropa Tengah. Negara pertama yang akan saya bahas adalah Hungaria . Negara : Hungaria Ibukota : Budapest Bahasa : Hungarian Mata uang : Forint (HUF) Saya hanya memiliki waktu satu hari penuh untuk mengunjungi Hungaria. Oleh karena itu, saya hanya  mengunjungi satu kota saja selama saya di sana, yaitu Budapest - yang merupakan kota terbesar sekaligus tempat tujuan wisata utama di Hungaria. Walaupun saya tidak dapat melihat seluruh keindahan kota Budapest, tapi saya dapat merasakan kekentalan budaya Eropa Tengah yang jauh berbeda dengan negara di belahan benua Eropa lainnya. Banyak tempat menarik yang harus dikunjungi di Budapest, namun mengingat waktu kunjungan saya yang cukup singkat, dengan terpaksa saya harus memilih tempat mana saja yang harus wajib dikunjungi dan juga terletak tidak jauh dari pusat kota. Namun, sebelum memulai petualangan di kota Budapest, ada baiknya ka