Skip to main content

Hujan Coklat di Rosenmontag Karneval !


HAPPY NEW YEAR 2013 TRAVELERS ! 

Di hari pertama di tahun 2013 - masih dengan semarak tahun baru, saya ingin membagikan pengalaman saya yang tidak kalah seru dengan perayaan tahun baru - yaitu ketika saya mengikuti festival Rosenmontag di kota Cologne (Köln), Jerman tahun 2012 lalu.

Festival Rosenmontag, Cologne, Jerman February 2012

Rosenmontag - dalam bahasa Inggris disebut Rose Monday, kalau dalam bahasa Indonesia berarti Senin Mawar (hmm - aneh ya). Festival ini merupakan festival terbesar yang diadakan di negara Jerman tiap tahunnya - yaitu pada saat Shrove Monday (ada yang tahu apa istilah Indonesianya?).

Highlight dari festival ini adalah hujan coklat dan bunga - it's REAL CHOCOLATEs and FLOWERS - yang disertai dengan iringan marching band dan juga tari-tarian. Coklat dan bunga dilemparkan oleh peserta karnival ke seluruh penduduk kota yang ikut merayakan festival ini. Jadi, salah kalau kalian pikir hujan coklat dan bunga itu hanya terjadi di dunia dongeng - karena hujan coklat dan bunga ini benar-benar terjadi setiap tahunnya di seluruh negara berbahasa Jerman - terutama di kota Cologne, Bonn, Düsseldorf, Aachen dan Mainz.

Tidak hanya itu, pada hari perayaan Rosenmontag - seluruh kota Jerman seakan-akan disulap menjadi kota dongeng - dimana kalian dapat melihat penyihir, Mario Bros, lukisan monalisa berjalan, Frankenstein, Peter Pan, snow white, sampai kapten Jack Sparrow pemilik Black Pearl - berkeliaran di depan mata kalian. Benar-benar pengalaman yang menakjubkan, bukan?

Mario Bros family in the middle of city?!

Mengingat festival ini hanya diadakan 1 kali dalam setahun, sangat disayangkan apabila kalian melewatkan festival ini ketika hendak pergi berlibur ke Jerman di tahun ini. Oleh karena itu, saya akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai festival ini.

Let's scroll down! 

Festival Rosenmontag 2013
Di tahun 2012 yang lalu, Rosenmontag ini dirayakan pada tanggal 20 Februari 2012 dan menurut informasi yang saya dapat di internet, di tahun 2013 Rosenmontag akan dirayakan pada tanggal 11 Februari. Jadi, siapkan waktu kosong sehari penuh pada tanggal 11 Februari 2013 untuk mengikuti festival Rosenmontag.

Yang perlu diperhatikan selama festival :
  • Festival Rosenmontag ini berlangsung hampir 1 penuh - tergantung kota dimana kalian berada. Di tahun 2012, festival Rosenmontag di Cologne dimulai dari pukul 12.30 dan berakhir pada pukul 18.00. Kalian dapat menemukan jalur festival untuk mengetahui jalanan mana saja yang dilewati oleh rombongan festival ini di list website di akhir pos ini. 
  • Perubahan jadwal transportasi umum - terutama kereta sangat mungkin terjadi pada saat perayaan festival Rosenmontag ini. Selain itu, jangan kaget kalau kalian harus berdesak-desakan ketika hendak menggunakan transportasi umum - maklum saja, ini merupakan festival terbesar di Jerman dan seluruh penduduk kota Jerman sangat berantusias untuk merayakannya. 

  • Jagalah keselamatan diri kalian dan jauhilah tempat-tempat yang didominasi oleh orang-orang muda yang terlihat mabuk. Sebagai salah satu negara pengkonsumsi bir terbesar, tidak aneh kalau setiap penduduk akan meminum bir pada saat festival Rosenmontag. So, walaupun festival ini tetap aman - karena banyaknya polisi yang menjaga keamanan di seluruh kota - tidak ada salahnya untuk tetap waspada dan menghindari tempat-tempat rawan untuk keselamatan kalian. 
  • Terakhir, jangan lupa untuk membawa kamera, payung, kantung plastik besar, dan minuman! KAMERA dengan batere FULL untuk mengambil foto bersama dengan karakter dongeng yang kalian temui di jalanan, PAYUNG dibutuhkan untuk menangkap coklat dan bunga yang dilempar di udara (hehe), KANTUNG PLASTIK tentu saja untuk menyimpan coklat dan bunga yang kalian tangkap, dan MINUMAN untuk melepas haus karena kalian harus berteriak "ALLAAFF" selama festival berlangsung. Jangan tanya saya apa artinya, karena sampai saat ini saya juga tidak tahu mengapa setiap orang di sekitar saya berteriak "ALLLAAFF" - yang pasti kalian akan mendapatkan lebih banyak coklat apabila meneriakan "ALAAF" :p
 

3 kantung besar coklat dan bunga hasil tangkapan selama festival Rosenmontag <3

Okay, itulah semua pengalaman saya yang ingin saya bagikan ke para travelers semua. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian - terutama kalian yang ingin mengunjungi Jerman di waktu dekat ini. CHEERS!

***



Berikut beberapa website yang dapat memberikan informasi mengenai Rosenmontag

Comments

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k

Menjelajahi Eropa Tengah Part III : 5 Jam di Kota Praha

Hola travelers ! Kembali lagi di Travel Series : Menjelajahi Eropa Tengah! Untuk kalian yang ketinggalan, kalian dapat membaca cerita kunjungan saya di Polandia dan Budapest . Post kali ini saya akan membahas mengenai kota Praha di negara Ceko. Negara : Ceko Ibukota : Praha Bahasa : Ceko Mata uang : Koruna (CZK) Kota Praha - atau sering disebut sebagai kota seribu menara merupakan salah satu tujuan utama di Eropa Tengah. Sebagai kota seribu menara, kalian dapat menemukan banyak sekali menara-menara yang menjulang tinggi memenuhi kota Praha ini. Jadi, tidak diragukan lagi kalau ini merupakan kota yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Eropa. Sayangnya, saya tidak dapat melihat semua keindahan kota ini dikarenakan waktu kunjungan saya yang hanya setengah hari saja. Namun, selama kalian mempunyai jadwal dan tujuan yang jelas, waktu yang singkat tidak mengurangi keindahan kota Praha. Oleh karena itu, di post ini saya akan membagikan cerita bagaimana menikmati