Skip to main content

Museum Vatikan yang tak berujung!

Setelah selesai mengikuti Scavi Tour di St. Peter's Basilica, saya melanjutkan perjalanan ke Museum Vatikan. Museum ini merupakan museum terpenting yang ada di Vatikan dan di tempat inilah kalian bisa melihat secara langsung lukisan Michael Angelo yang super terkenal, The Creation of Adam. Lukisan ini merupakan salah satu lukisan yang dilukis di dinding Sistine Chapel - ruangan terakhir di Museum Vatikan. Jadi, untuk kalian yang ingin melihat lukisan ini, sudah wajib untuk mengunjungi Museum Vatikan. :)



***

Museum Vatikan terletak di sisi lain dari Excavation office dan memiliki pintu masuk terpisah. Jadi, saya harus keluar dahulu kemudian memutari tembok pemisah Vatikan untuk bisa masuk ke dalam Museum Vatikan.

Walaupun negeri ini kecil, tapi perjalanan memutari tembok cukup menghabiskan tenaga. (Jangan lupa, temperature udara hari itu yang masih berkisar 34 - 36 derajat Celcius.)

Setelah berjalan cepat (untuk menghindari terik matahari), akhirnya saya dan teman-teman sampai di depan pintu masuk Museum Vatikan dan WOW, there were A LOT OF TOURIST sudah memenuhi pintu masuk museum.



Berbekal dengan tiket online, kita berharap bisa memotong barisan namun, sayang itu tidak berlaku di sini. Jadi, kita masih harus mengantri di loket normal untuk menukarkan tiket online kita dengan tiket resmi dari Museum Vatikan. Untunglah, antrian yang terlihat super padat itu ternyata diimbangi dengan kinerja loket yang cepat. Jadi dalam hitungan menit saja, kita sudah bisa masuk ke Museum Vatikan.

Dari pintu masuk, kita langsung disambut dengan tangga melingkar yang di setiap sisinya dipajang barang-barang dan miniatur-miniatur peninggalan di masa lalu. Untuk kalian yang suka sejarah, pasti kalian akan menghabiskan waktu cukup lama untuk bisa sampai ke tangga paling atas.


Di puncak tangga, kita bisa melihat halaman yang luas dan (ehem) panas.

Tentu saja, di sini kalian bisa menemukan lebih banyak turis yang sibuk mengambil foto dan keluar masuk pintu gedung. Ternyata, tangga tadi hanya menyimpan sebagian kecil dari segudang benda-benda antik yang dikoleksi di museum ini.

Kita sempat bingung ketika berada di halaman, karena kita melihat begitu banyak pintu masuk dan gedung-gedung yang berbeda. Map yang kita bawa pun seakan tidak berguna (hahaha), so kita memutuskan untuk terus berjalan luruuussss dan masuk ke pintu terdekat.

Begitu masuk ke gedung terdekat, kita langsung disambut dengan deretan patung-patung yang memenuhi lorong museum. Well, untuk kalian pecinta patung mungkin bisa menghabiskan waktu lebih lama di sini, tapi berhubung saya bukan pecinta seni, saya hanya melihat-lihat sebentar kemudian mencari jalan untuk bisa sampai ke Sistine Chapel.

Salah satu lorong Museum Vatikan yang selalu dipadati turis


Kita memutuskan untuk mengikuti turis-turis lain dan teruuuuusss berjalan, melewati ruangan-ruangan yang ternyata memiliki nama masing-masing! Berhubung banyak sekali ruangan yang saya lewati, di pos ini saya hanya akan menceritakan beberapa ruangan yang saya ingat.

Ruangan pertama, tentulah ruangan yang menyimpan banyak sekali patung-patung. Saya melihat beberapa patung familiar, seperti ini :


Patung yang membawa tongkat dengan logo yang sering kita temukan di farmasi pada masa sekarang.


Dan patung lain yang saya tidak tahu siapa mereka.




Tepat di sebelah ruangan pertama, saya memasuki sebuah hall besar yang menyimpan barang-barang antik kerajaan. Tidak jauh dari situ, saya masuk ke ruangan bundar yang luas, dimana di sekelilingnya dipajang patung-patung dewa raksasa dan di tengahnya terdapat sebuah mangkuk raksasa. Di ruangan ini, kita harus berjalan memutari mangkuk itu. Berhubung arus turis tidak sebanding dengan lebarnya jalan, di ruangan ini saya harus berdesak-desakan dengan turis lain. It's sooooooooo HOT! 


Apabila dilihat dari dekat, ternyata patung-patung raksasa itu adalah patung dewa yang sering kita dengar kisahnya. Seperti, Hercules, Zeus, Athena, Artemis (?) dan banyak lagi.

Dari ruangan yang super sesak itu, saya menuju ke ruangan selanjutnya yang memiliki feel lebih kuno. Saya ingat, saya melihat banyak sekali nisan-nisan, patung-patung dewa seperti yang saya lihat di Necropolis. Selain itu, terlihat juga beberapa benda antik khas budaya Mesir yang dipajang di setiap sudut ruangan. Tapi, yang menjadi highlight di ruangan ini adalah keberadaan MUMI yang dipajang di tengah ruangan.



So, the mummy is real and I have seen one! Ada beberapa mumi yang dipajang dan kalian bisa membaca kisah dari penemuan mumi ini. Kalau tidak salah, di beberapa keterangan disebutkan bahwa ada perbedaan antara mumi rakyat jelata dengan mumi yang berasal dari anggota kerajaan. Dan mumi yang dipajang ini dipastikan merupakan mumi dari rakyat jelata, karena bentuk dari petinya (atau ukirannya).

Dari ruangan mumi ini, saya melanjutkan ke ruangan berikutnya (yang sudah makin gak jelas apa namanya dan apa yang dipajang). Yang pasti, setiap ruangan yang kalian lewati di dalam Museum Vatikan memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu: lantainya dibuat dari lukisan mosaic, dindingnya biasa dipajang lukisan, karpet, dan langit-langitnya dihiasi oleh ukiran/lukisan/pahatan.






Ada juga di beberapa ruangan (atau hampir seluruh ruangan), kalian bisa terkecoh dengan lukisan yang terlihat seperti pahatan. Butuh waktu beberapa lama untuk saya bisa yakin kalau itu adalah lukisan, bukan pahatan. Can't imagine? You have to see it with your own eyes. :D 

Berhubung kaki saya sudah teriak minta istirahat (setelah dipakai untuk berlari di pagi hari, menapaki Necropolis menjelang siang, dan menjelajahi museum yang tak berujung sepanjang hari), akhirnya saya tidak bisa menikmati lukisan-lukisan yang berada di sekeliling saya secara maksimal. Bahkan, saya sudah tidak memiliki tenaga untuk mengambil foto di ruangan-ruangan yang saya lihat - erm, biasa saja.

Untunglah, di tengah-tengah perjalanan saya menemukan ruangan ini dan saya meyakini, ini adalah ruangan paling keren dari semua ruangan di Museum Vatikan.

Waktu pertama kali saya masuk ke dalam ruangan ini, mata saya sudah langsung disegarkan dengan langit-langit yang berwarna keemasan. It is just a fest for my eyes. GOLLLLLDDDDSSS ! (walaupun saya gak yakin kalau itu benar-benar emas)

The best room ever in Vatican Museum


Di ruangan selanjutnya, dipajang koleksi karpet (atau mungkin permadani) yang super besar. Ada juga lukisan-lukisan yang terlihat seperti peta kuno. (yang sering kita lihat di film-film sejarah)

Setelah melewati ribuan lukisan, pahatan, karpet, ruangan selanjutnya didedikasikan untuk beberapa pelukis terkenal (saya lupa namanya, yang pasti ada ruangan khusus untuk Raphael).



Ruangan ini lebih kecil dari ruangan sebelumnya, dan SELURUH temboknya dipenuhi dengan lukisan yang saling menyambung. It is beautiful. Really. 



Jalanan sudah makin sepi dan ruangan sudah terasa lebih sejuk dan kaki sudah terasa lebih pegal. Itulah tanda kalau kalian sudah hampir sampai di Sistine Chapel.

Last sign to Sistine Chapel


Sayangnya, tidak seperti di luar ruangan, kalian tidak boleh mengambil gambar di dalam Sistine Chapel (boooo) karena ini merupakan tempat yang sangat sakral, khususnya bagi umat Katolik.

Tapi, ketika saya masuk ke dalam ruangan, saya langsung disambut dengan ratusan turis yang sudah memadati setiap sudut dari chapel. Saking banyaknya, mereka jadi sulit dikendalikan dan keadaan di dalam Chapel yang harusnya sepi, menjadi cukup ribut dengan begitu banyak turis yang sibuk mengambil foto dan petugas chapel yang sibuk berteriak melarang mereka mengambil foto.

The Creation of Adam


Berhubung otak dan kaki saya sudah terlalu lelah untuk berpikir, akhirnya saya hanya berkeliling dan melihat-lihat lukisan di Sistine Chapel selama beberapa menit dan langsung mencari pintu keluar terdekat. I have seen ENOUGH histories today.

Saking lelahnya, saya lupa berapa lama waktu yang saya habiskan untuk berjalan dari pintu masuk sampai pintu keluar Museum Vatikan. Yang pasti, perjalanan itu cukup membuat energi saya superrrr drained.

So, untuk kalian yang ingin masuk ke dalam Museum Vatikan, saya hanya bisa berpesan untuk menggunakan sendal/sepatu yang nyaman, membawa minum dan KIPAS!

***

Last stop in Italy : A visit to the famous St. Peter's Cathedral

Comments

Popular posts from this blog

Gaudi's Artworks, Barcelona

Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol dan merupakan ibukota dari negara bagian Catalunya. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para turis yang mengunjungi Spanyol. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Barcelona. Dimulai dari pantai Barcelonata, Magic Fountain sampai taman di atas kota, Parc Guell. Antonius Gaudi, seorang arsitektur genius yang berasal dari Barcelona. Berbagai karyanya yang terkenal berada di Barcelona, seperti Sagrada Familia, Parc Guell, Casa Milla, Casa Batllo dan bangunan terkenal lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai karya-karya Antonius Gaudi di Barcelona. Parc Guell Sejarah singkat Pada awalnya, Parc Guell merupakan proyek perumahan yang dicetuskan oleh Eusebi Guell. Sayangnya, proyek ini tidak berhasil, sehingga Parc Guell diubah menjadi taman yang memiliki beragam element arsitektur yang unik. Nama Parc Guell juga berasal dari kata "Parc" yang berasal dari bahasa Inggris "Park" untuk

Word-strings

Mulai dari pertengahan bulan Mei ini, saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Yunani. Perjalanan saya ke Yunani relatif singkat, hanya 4 hari 3 malam namun, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menarik, menyenangkan, dan juga menyeramkan. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari perjalanan saya ini, salah satunya adalah bagaimana menghadapi perbedaan bahasa atau bahasa kerennya, "language barriers" .  Perbedaan bahasa kerap kali menjadi salah satu alasan utama mengapa para wisatawan tidak mau mengunjungi negara asing. Mereka selalu berpikiran kalau mereka tidak mengerti bahasa lokal, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, tidak bisa menemukan tempat yang dituju (baca: nyasar), dan yang paling ditakuti, tidak bisa membedakan mana orang baik dan orang jahat (baca: pencopet, penipu, dkk). Well, mungkin memang banyak hal yang bisa membahayakan keselamatan diri karena perbedaan bahasa, tapi jangan biarkan ketakutan kalian menghalangi k

City Runner

Yey - setelah beberapa bulan menghilang dari dunia blogging, akhirnya saya bisa mengumpulkan niat yang cukup untuk melanjutkan kisah perjalanan saya. OK, buat kalian yang ketinggalan, di pos-pos sebelumnya saya sedang bercerita tentang kunjungan saya ke Italia, yaitu di kota Venice  dan  Roma . Vatican at the first sight :)  *** Hari terakhir saya di Italia ditutup dengan kunjungan ke negara (kota?) terkecil di dunia yang juga menjadi pusat dari agama Katolik di dunia, Vatikan . Saya merasa cukup beruntung karena saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Scavi Tour yang sangat terbatas untuk turis asing. (read:  Scavi Tour yang misterius  ) Cerita saya berawal dari pagi hari, dimana Scavi tour dijadwalkan akan dimulai pada pukul 09.00. Berhubung apartment saya cukup jauh dari pusat kota, saya berencana untuk berangkat dari pukul 07.30. TAPI, ada beberapa hal yang perlu diurus dan saya pun akhirnya berangkat pada pukul 08.00. Well, hitungan teori sih harusnya Vatikan bisa